Menu

Festival Paralayang Pesona Langkisau  segera Dihelat, Ajang Pemanasan Atlet PON Sumbar

  Dibaca : 75 kali
Festival Paralayang Pesona Langkisau  segera Dihelat, Ajang Pemanasan Atlet PON Sumbar
BERAKSI—Seorang atlet paralayang tengah unjuk gigi beraksi dari atas Bukit Langkisau Pessel. Rencananya, Festival Paralayang Pesona Langkisau akan digelar di Bukit Langkisau Painan, 12 hingga 13 Juni mendatang.

PESSEL, METRO–Ajang olahraga berta­juk Festival Paralayang Pesona Langkisau “Para­layang”, akan digelar di Bukit Langkisau Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, 12  hingga 13 Juni mendatang. Di mana festival ini akan diikuti ratusan peserta dari berbagai wila­yah di Sumbar.

Sebanyak 100 atlet pa­ra­layang dari berbagai daerah di Sumatera Barat  bakal unjuk kepiawaian dalam Festival Paralayang Pesona Langkisau yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabu­pa­ten Pesisir Selatan.

Bukit Langkisau adalah salah satu perbukitan di kawasan barat Painan yang satu sisinya memper­lihat­kan pandangan Pantai Ca­rocok yang cantik. Bukit dengan ketinggian hingga 400 meter ini memiliki pun­cak yang tidak terlalu lebar dan sebagian digunakan untuk area tinggal landas paralayang.

Ketua Federasi Aeros­port Seluruh Indonesia (FASI) Pesisir Selatan Iqbal Rama Dipayana menga­takan, alek Festival Para­layang Pesona Langkisau ini bermanfaat sebagai ajang persiapan atlet para­layang Sumbar menjelang  Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Sehingga, juga bisa menambah jam terbang para atlet paralayang Sum­bar,yang tiga bulan lagi menjelang arena PON Pa­pua 2021. Apalagi, di te­ngah vakumnya Pelatprov Atlet PON karena gonjang ganjing peralihan pimpinan KONI Sumbar terselusupi arama politis.

Lokasi peluncuran di Bukit Langkisau adalah Bukit Berumput, 250 meter di atas Permukaan Laut dengan arah lepas landas yang menghadap ke Samu­dera Hindia yang indah. Lokasi pendaratan utama terletak di Pantai Salido, tepat di bawah lokasi lepas landas.

Dikatakan, lokasi pen­da­ratan menawarkan target besar dan lunak yang dapat dengan mudah di­jangkau. Bahkan siswa pe­mula. Selain pemandangan panorama yang indah, ke­untungan utama terbang di Bukit Langkisau adalah memungkinkan untuk men­catat hingga 5, 6 atau 7 penerbangan sehari. De­ngan perjalanan singkat 20 menit dari pantai, Anda dapat kembali ke atas Lang­kisau untuk mempersiapkan penerbangan anda berikut­nya.  “Bukit Langkisau mungkin adalah lokasi ter­baik di Indonesia untuk berlatih lepas landas dan mendarat berulang kali,” ucap Iqbal, Kamis (10/6).

Acara yang di gagas pikiran anggota DPRD Pro­vinsi Sumbar Muhayatul SE MSi  bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Sumbar dimana Dinas Pariwisata Pesisir Selatan sebagai tuan rumah tempat ke­giatan dilaksanakan.

Untuk kesuksesan iven yang digelar di masa pan­demi tersebut, Muhayatul  berkoordinasi dengan tim satgas penanganan Covid-19 dan Polres Pesisir Se­latan, di mana tanpa pe­nonton. Namun, dapat di­sak­sikan secara live  di platform media sosial Youtube  Dinas Pariwisata Sumbar atau akun Facebook.

Menurut Muhayatul SE MSi  yang sekaligus Ketua Fraksi PAN ini mengatakan,  kegiatan ini sebagai uji coba bagi kemampuan at­let Paralayang  Sumbar untuk memghadapi PON Papua 2021. Kemudian ba­gian dari mempromosikan pariwisata dan me­ng­gra­kan perekonomian daerah Pessel dan Sumbar, se­hingga diharapkan lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Pesisir Se­latan. “Jika ingin penga­laman paralayang yang tak terlupakan, datanglah ke Bukit Langkisaun,” ujar Muhayatul. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional