Menu

Festival Paralayang Pesona Langkisau 2021, Jawab Kehausan Atlet Beraksi di Udara

  Dibaca : 610 kali
Festival Paralayang Pesona Langkisau 2021, Jawab Kehausan Atlet Beraksi di Udara
FOTO BERSAMA— Penutupan Iven Festival Paralayang Pesona Langkisau 2021 ditandai dengan panitia foto bersama dengan para atlet paralayang.

PESSEL, METRO–Event Festival Parala­yang Pesona Langkisau 2021 digelar selama dua hari sejak tanggal 12 – 13 Juni 2021 di Landasan Paralayang Pantai Salido, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, menjawab kehausan atlet paralayang dan gantole di Sumbar unjuk kemampuan di udara.  Digagas melalui dana po­kok pikiran anggota DPRD Sumbar Muhayatul Cha­niago bagian dari persiapan ajang atlet paralayang dan gantole Sumatera Ba­rat, yang akan mengikuti PON Papua 2021.

Tanpa dihadiri penonton mengikuti protokol ke­sehatan karena digelar dalam pandemi Covid -19 ini tidak mengurangi semangat atlit paralayang ada di Sumatera Barat. Kurang lebih 100 atlet ikut bagian dalam Event Festival Paralayang Pesona Langkisau 2021.

Dalam penutupan ter­sebut dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi, Wakil Bupati Pessel Aptm Rudi Hariansyah, Muhayatul Chaniago anggota DPRD Sumbar,  Novrial Kadis Pariwisata Sumbar,  Nasrul Abit  Mantan Wagub Sumbar juga tokoh masyarakat Pesisir Selatan. Forkopimda Pessel, juga OPD terkait di Pem­kab Pessel. Minggu (13/6) sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam kata sambuta­nya, Wakil Bupati Pessel Apt Rudi Hariansyah  mengatakan, kehormatan bagi Pemkab Pessel kembali dapat menggelar Festival Paralayang di tengah pandemi covid-19, dengan pe­nerapan prokes. “ Kepada Saudara Ku Muhayatul telah menggagas event ini melalui dana pokir, kita sangat mengapresiasi,” ujar Wabup millinial Pessel itu.

Dikatakan wabup, format yang berbeda kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui medsos, yang merupakan promosi olahraga dan Pariwisata Sumbar dan Pessel pada khususnya.

Salah satu tujuan wi­satawan, Wabup Pessel jika bukit langkisau yang menjadi titik awal peluncuran paralayang ini merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Pesisir Selatan selain Pantai Carocok dan Kawasan Mandeh. “ Semoga kedepan Pessel tetap dapat menyelenggarakan e­vent nasional maupun internasional kedepannya, dan semoga dengan event ini dapat menjadi persiapan bagi atlit paralyang Sumbar dalam menghadapi PON Papua mendatang,” ujar Rudi.

PenGgagas Ivent Muhayatul Chaniago anggota DPRD Sumbar mengung­kapkan, ucapan terima­kasih kepada panitia dan peserta yang telah mensukseskan Event Festival Paralayang Pesona Langkisau 2021 sehingga berjalan dengan aman dan lancar. Walaupun digelar tanpa penonton.

Ke depan, ivent seperti ini harus tetap digelar jadi agenda tahunan, dengan konsep yang berbeda,  de­ngan lebih matang lagi. Dan ada korelasi antara Peme­rintah Provinsi Sumbar dan Pemkab Pesisir Selatan. “Manfaat dari event ini a­dalah sebagai ajang uji coba atlet paralayang sumbar yang akan mengikuti PON Papua 2021,” tegas Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) putra asli Pessel tersebut.

Dia menambahkan selain mengarahkan agar cabang tersebut bisa mendapatkan emas yang banyak pada PON Ke XX di Papua, juga bertujuan untuk me­ngenalkan pariwisata guna menggenjot perekonomian masyarakat Pessel.

Muhayatul Chaniago berharap selalu anggota DPRD Sumbar dari Fraksi PAN, selalu mengalokasikan, dana Pokirnya pada tahun-tahun berikutnya, dalam mempromosikan potensi pariwisata yang ada di daerah itu.

Kadris salah seorang perwakilan Peserta Festival Paralayang menuturkan, sebagai atlet mengucapkan terima kasih de­ngan diselenggarakannya event ini. Karena sudah selama setahun ini tidak ada event paralayang yang diselenggarakan karena situasi pandemi Covid -19. Sementara PON XX Papua semakin dekat oleh karena itu dengan event ini bisa menjadi uji kemampuan atlet -atlet paralayang Sum­bar jelang menghadapi PON XX Papua 2021. “Untuk PON Papua pihaknya menargetkan meraih 4 Me­dali emas yakni 2 Emas dari cabang Paralayang dan 2 emas dari Cabang Gantole,” ungkap Kadris.

Selain itu pihaknya berharap kepada Wagub Sumbar untuk dapat memberikan support dalam per­kembangan olahraga paralayang sumbar terutama dalam menghadapi PON Papua 2021.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi mengucapkan  terimakasih kepada Mahayatul Chaniago (anggota DP­RD Sumbar) yang telah mealokasikan anggaran Pokok Pikiran (Pokir) untuk terselenggaranya event Festival Paralayang Pesona Langkisau 2021. Dan, kita akan menyupport langsung para atlet Sumbar yang akan bertanding pada PON Papua 2021, dan semoga harapan 4 Medali Emas dari Cabor Parala­yang dapat diraih. “ Kedepannya event ini harus dipublikasikan secara nasional dan diekspos melalui media nasional sehingga event paralayang di Sumbar dapat terpromosi dengan baik,” harap Audy Wagub Milenial Urang A­wak itu.

Acara penutupan Event Festival Paralayang Pesona Langkisau 2021 ditandai dengan foto bersama para atlit, dengan harapan e­vent seperti ini terus digelar walaupun dalam pandemi Covid -19. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional