Close

Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi Digelar di Kabupaten Dharmasraya

Foto Bersama— Sekretaris Dinas Disparpora Dharmasraya, M. Syukri foto bersama tim Kenduri Swarnabhumi dan para pelati sanggar serta peserta audisi Drama Dara Petak Dara Jingga. 

DHARMASRAYA, METRO–Dinas Kebudayaan Pa­ri­wisata Pemuda dan Olah­raga (Disparpora) Kabupaten Dharmasraya menggelar audisi pemain Drama Musical Dara Petak Dara Jingga dalam rangka me­nyong­song Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi.  Audisi yang digelar di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kecamatan Pulau Punjung mulai 2 sampai 3 Agustus 2022 ini diikuti tujuh sanggar dari seluruh wilayah kabupaten Dharmasraya yang telah seleksi terlebih dahulu. 

“Alhamdulillah pada hari ini sedang dilaksanakan audisi hari pertama , yang diikuti oleh empat sanggar. Setiap sanggar mengutus sepuluh orang peserta dengan 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan “, kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Oahraga  Kabupaten Dharmasraya, Sutan. M. Taufik, Senin (2/8) disela sela kegiatan. 

Taufik menjelaskan untuk acara seleksi hari pertama diikuti oleh 4 sanggar, yakni Sanggar Gadih Lareh dari Kecamatan Sungai Rumbai, Sanggar  Timbulun Indah  Kecamatan Pulau Punjung, Sanggar Kajanglako Kecamatan Koto Baru dan Sanggar Sumaran Rumah Panjang Kecamatan Pulau Punjung”, ungkap Sutan Taufik

Sedangkan audisi hari kedua  akan di ikuti oleh 3 sanggar yaitu sanggar seni Darah Jingga, sanggar seni Sarai Sarumpun, sanggar seni Darah Petak Dari Kecamatan Sitiung Nagari Siguntur Kecamayan Sitiung.

“Dari 70 peserta audisi akan diambil 40 orang, yang terdiri 25 orang perempuan dan 15 orang laki-laki.  Selanjutnya dilaksanakan latihan bersama tim perfilman nasional yaitu latihan koreonya pada tang­gal 15 sampai 22 Agustus 2022, dan ditampilkan untuk mengisi  acara Festival Pamalayu pada 23 Agustus, “ terangnya.

Kriteria yang akan di ambil oleh tim seleksi audisi acara drama musical  Dara Petak Dara Jingga adalah yang multitalenta sehingga dapat memerankan sejarah Dharmasraya yaitu mengenai Dara Petak Dara Jingga. Penilaian ini dilakukan tim khusus Perfilman Nasional. 

“Kami berharap dengan adanya acara seleksi Drama Musical Dara Petak Dara Jingga mendapatkan pemeran terbaik, karena nantinya akan tampil full di Festival Kenduri Swarnabhumi yang akan disaksikan oleh tingkat Nasional di Candi Pulau Sawah”, terang Sutan M. Taufik

Sutan M Taufik menjelaskan, tujuan  drama  musical ini agar generasi muda Dharmasraya dapat mengetahui sejarah dari Dharmasraya.  

“Kami mengimbau ma­sya­rakat Kabupaten Dhar­mas­raya untuk dapat mengahadiri acara Festival Pamalayu Selaran Alam Raya Ken­duri Swarnabhumi  yang dimulai dari tanggal 18 sampai tanggal 23 Agustus Tahun 2022”, pungkasnya. (gus) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top