Close

Festival Multietnik Nusantara Art I Dilaunching di Nagari Kamang

FOTO BERSAMA— Asisten I Sekdakab Sijunjung, Aprizal foto bersama dengan grup tari peserta Festival Multi Etnik Nusantara Art I.

SIJUNJUNG, METRO–Demi melestarikan seni dan budaya masyarakat, Bupati Sijunjung melalui Asisten I Sekdakab Sijunjung, Aprizal melaunching Festival Multi Etnik Nu­santara Art I (Mesra) di objek wisata Bukit Malaikat Nagari Kamang, Sabtu (18/6). Aprizal mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Sijunjung dan menjadikan daerah ini sebagai daerah tujuan investasi serta dapat Ikut membantu pelaku UMKM/Ekonomi kreatif menghadapi persaingan pasar bebas di era globalisasi.

Sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung yang telah ditetapkan Perda Kabupaten Sijunjung No.2/2021 tentang Rencana Pem­bangunan Jangka Menengah Tahun 2021 2026, pariwisata merupakan salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

“Dalam mencapai visi Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung yaitu “Kabu­paten Sijunjung Yang Sejahtera, Ung­gul dan Berbudaya Menuju Ma­syarakat Madani” dan telah tertuang pada Misi No dua yaitu Me­ning­katkan Daya Saing Ekonomi Daerah Berbasis Pem­ber­dayaan Ekonomi Kerakyatan dan Pariwisata,” ujar Aprizal.

Dikatakan, dengan telah dilaun­chingnya program One Village One Destination tahun 2021 sebagai bentuk kelanjutannya pada tahun 2022 ini menjadi program One Village One Event dimana Bukit Malaikat sebagai salah satu destinasi wisata ini, yang memiliki beragam suku bangsa yang hidup dalam satu satuan ingin mem­bentuk sebuah Festival Seni dan budaya yang disebut Festival MES­RA.

“Sebagaimana kita ketahui ber­sama bahwa budaya merupakan wa­risan dari leluhur yang perlu kita lestarikan. Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Sijunjung sangat me­nyam­but baik acara festival ini,” tambah Aprizal.

Ia juga menyampaikan terimkasih kepada seluruh pihak yang ikut men­dukung kegiatan ini. Dan kepada peserta festival diucapkan selamat berpartisifasi. Wali Nagari Kamang Syafri dalam mengatakan, Festival Mesra ini menampilkan kesenian dari berbagi suku bangsa yang ada di daerah Kamang. “Selain menampilkan aneka kesenian rakyat, juga ada pameran produk UKM buah karya anak Nagari Kamang Baru. Juga ada aneka makanan tradisional multi etnik,” ujar Syafri . (*/ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top