Close

Festival Budaya Desa BASILONE, Menjual Wisata Budaya dari Desa

KUNJUNGI— Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengunjungi pembukaan Festival Budaya Desa BASILONE di Desa Silungkang Duo.

SAWAHLUNTO, METRO–Sebanyak 81 orang peserta yang berminat mengikuti Festival Budaya Desa BASILONE di Desa Silungkang Duo Kota Sawahlunto. Di mana kegiatan Festival Budaya Desa itu meliputi jelajah budaya desa dan lomba foto potensi budaya desa, Rabu (24/11).

Pendamping Kebudayaan Desa Kota Sawahlunto Yogi Andika Hendra­liza mengatakan, untuk kegiatan jelajah budaya desa ini diikuti murid TK sampai SMP di Desa Silungkang Duo.

“Dalam jelajah budaya desa ini, lokasi potensi budaya yang dikunjungi adalah industri kerupuk ubi, pengrajin injok (anyaman daun kelapa untuk menjemur kerupuk), pengrajin tenun, industri anian tanun dan industri/pengrajin ale – ale/pinukuik dan kue apam,” jelas Yogi, kemarin.

 Untuk lomba foto potensi budaya desa, dilaporkan Ketua Pe­laksana Festival Budaya Desa BASILONE Herawati.  “Hari ini pengumpulan foto untuk lomba tersebut. Kalau untuk objek yang difoto para peserta selain destinasi wisata/budaya juga termasuk aktifitas keseharian masyarakat di Desa Silungkang Duo ini,” kata Herawati.

Herawati menambahkan, untuk Kamis 25 November 2021 kegiatan yang dilaksanakan adalah panggung dan pameran budaya desa serta pengumuman pemenang lomba foto. “Dalam rangkaian kegiatan nanti di lokasi acara yakni Puncak Tolang Ompu Dusun Talang Tuluih juga diselenggarakan pasar kuliner desa. Ada tujuh stand yang menjual makanan lokal seperti sonok dan ubi tapai, pedagangnya warga setempat,” ujar Herawati.

Kepala Desa Silungkang Duo Wandi menyebutkan, seluruh kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penyebaran Co­vid- 19.  “Kalau keikutsertaan masyarakat desa dalam Festival Budaya Desa BASILONE ini sangat tinggi. Sejak awal persiapan sampai sekarang itu semua berlangsung dengan partisipasi aktif ma­syarakat,” kata Wandi.

Walikota Sawahlunto Deri Asta, dalam pembukaan BASILONE me­nyatakan Pemkot Sawahlunto mendukung kegiatan ini melalui Orga­nisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan beberapa hal lain. “Ini mengekspose kekayaan wisata budaya dan sejarah dari desa. Kita mendukung sekali karena sangat bermanfaat dalam melestarikan budaya juga menjadi daya tarik baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke Desa Silungkang Duo ini,” ujarnya. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top