Menu

Fateta Unand Siap Sambut Perubahan Status PTNBH

  Dibaca : 40 kali
Fateta Unand Siap Sambut Perubahan Status PTNBH
Dr Feri Arlius Dekan Fateta Unand.

PADANG, METRO–Fakultas Tekhnologi Pertanian (Fateta) Universitas Andalas (Unand) siap menyambut perubahan status Unand sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Dengan status sebagai PTNBH, Unand memiliki otonomi dan kewenangan yang lebih luas dalam pengelolaan perguruan tinggi

Dekan Fateta Unand, Dr Feri Arlius menga­takan untuk menyambut perubahan status Unand menjadi PTNBH, Fateta Unand siap menyeleng­garakan pendidikan ting­gi di bidang teknologi pertanian yang memiliki daya saing regional mau­pun global.

Fateta Unand juga melakukan pengem­ba­ngan hilirisasi riset untuk dunia usaha dan industri. Kemudian, pengem­bang­an riset yang mendukung kepada solusi permasa­lahan di tengah masyarakat dan pengembangan potensi sumberdaya alam.

“Fateta Unand juga melakukan peningkatan kerjasama dengan stakeholder terkait dalam dan luar negeri, termasuk dunia bisnis dan industri,” ungkap Feri Arlius.

Fateta Unand juga melakukan penerapan ilmu dan teknologi untuk peningkatan produksi dan nilai tambah hasil-hasil pertanian di tengah masyarakat. Selain itu, peningkatan soft skill mahasiswa terutama di dalam hal komunikasi dan public speaking, kemampuan berbahasa asing, serta inter personal skill.

Sebelumnya, disampaikan, Unand resmi menjadi PTNBH, setelah ditandatanganinya Peraturan Peme­rintah (PP) Nomor 95 Tahun 2021 oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Rektor Unand Prof. Yuliandri mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas semua doa dan dukungan sehingga Unand resmi berstatus PTNBH.

“Perubahan status ini juga menjadi kado istimewa karena bertepatan dengan Dies Natalis ke-65 Universitas Andalas atau lustrum ke-13 pada 13 September mendatang,” kata Prof Yuliandri, Jumat (3/9).

Menurutnya, pengusulan perubahan status ini melewati proses yang memakan waktu cukup lama. Dimulai sejak 2016 dengan membentuk tim trans­formasi menuju PTNBH.

Menurutnya, Unand menjadi PTN ke-13 yang berstatus badan hukum di Indonesia. Dengan peru­bahan status ini akan membuka ruang kampus lebih otonom. Baik dalam bidang akademik seperti pendirian program studi maupun untuk melakukan berbagai kerja sama.

“Termasuk juga bisa melakukan berbagai akivitas lain yang bisa meningkatkan dan mengembangkan. Baik proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkannya, pengembangan Unand lebih bisa ditingkatkan terutama daya saing baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

“Salah satu target yang dibebankan kepada perguruan tinggi nantinya yakni bagaimana per­cepatan prestasi ketika sudah berstatus PTNBH,” tambahnya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional