Menu

Fasum di Batang Arau jadi Kafe, DPRD segera Panggil Tiga OPD

  Dibaca : 101 kali
Fasum di Batang Arau jadi Kafe, DPRD segera Panggil Tiga OPD
Boby Rustam

SAWAHAN, METRO
Komisi II DPRD Padang segera memanggil Dinas Perhubungan, UPTD Parkir, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta Satpol PP terkait pembiaran terhadap penggunaan fasilitas umum (fasum) oleh kafe-kafe di sekitaran Batang Arau yang mendirikan tenda dan parkir di trotoar.

“Kita melihat dalam sidak (inspeksi mendadak) yang dilakukan kemarin, banyak kafe-kafe di sepanjang Jalan Batang Arau yang mendirikan tenda dan parkir kendaraan di trotoar. Ini tentunya merampas hak pejalan kaki. Bagaimana kinerja pihak-pihak tersebut,” ujar Sekretaris Komisi II, Boby Rustam, Rabu (16/12)

Ia menambahkan, dengan diambilnya hak pejalan kaki, ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan warga dalam memakai fasilitas umum. Akibatnya masyarakat terpaksa berjalan di badan jalan. “Kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, siapa yang bertanggungjawab,” kata kader Gerindra ini.

Selain itu terang Boby, DPRD juga mempertanyakan soal izin kafe-kafe itu ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Yaitu, bagaimana mereka bisa memasang tenda di trotoar. “Kita juga pertanyakan Satpol PP, kenapa tidak menertibkan. Pemko jangan hanya berani ke pedagang kecil saja yang ditertibkan kalau berjualan di trotoar. Sementara pedagang atau pengusaha besar ternyata tidak pernah disentuh,” tegasnya.

Sebenarnya ia sangat mendukung tumbuhnya dunia pariwisata dan usaha kuliner di Padang. Itu berarti bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat. “Namun tentunya harus memperhatikan aturan yang berlaku dan jangan sampai mengganggu hak orang lain dalam menggunakan fasilitas umum,” harapnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional