Close

Fasilitas Umum Dirusak Oknum, Wako Payakumbuh Meradang

Wali Kota Riza Falepi

POLIKO, METRO–Wali Kota Riza Falepi menyayangkan masih a­da­nya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan tangan usilnya melakukan perusakan terhadap fasilitas u­mum di Kota Payakumbuh. Hal itu disampaikan Riza usai turun ke lapa­ngan untuk merespon aduan dari masyarakat. La­poran yang diterima Riza terkait adanya lampu ta­man yang hilang, tanaman produktif yang baru saja ditanam di Batang Agam dirusak, hingga sam­pah yang berserakan di pedestrian area.

“Sangat miris rasanya saat kita mengetahuinya, padahal fasilitas ini kita bangun dengan duit rak­yat, malah dirusak oleh oknum yang sepertinya tidak punya rasa kepe­dulian,” kata Riza dengan nada geram saat diwa­wancara media.

Wali kota dua periode itu mengajak masyarakat untuk melaporkan apabila ada terjadi tindakan perusakan terhadap fasilitas umum yang tentunya me­rugikan orang banyak, karena fasilitas umum a­dalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh pemerintah untuk digunakan bersama sama.

“Vandalisme atau perilaku perusakan yang secara sengaja dilakukan oknum tersebut merupakan sesuatu hal yang ha­rus kami tindaklajuti bersama aparat keamanan,” tukuk Riza.

Bila kaum vandalisme sudah masif, kata Riza, apa saja yang mereka lihat akan dirusak. “Kalau dilihat di sejumlah titik kota, banyak fasilitas u­mum yang tidak luput dari vandalisme. Ini menjadi peringatan untuk kita semua,” tegasnya.

Ke depan, kata Riza, pihaknya juga menya­rankan agar diperbanyak CC­TV agar semua yang me­lakukan perusakan te­rekam dan terbukti untuk nantinya dilaporkan kepada aparat hukum.  “Ten­tu pelaporannya se­telah di­rekam CCTV. Tem­pat CCTV­nya juga kita sembunyikan agar mereka itu tidak tahu dipantau CCTV. Saya su­dah perintahkan kominfo,” terangnya.

“Seharusnya apa yang sudah ada ini dirawat. Kita sebagai pemilik Payakumbuh dan juga tumbuh besar di sini kok perilakunya merusak, aneh rasanya. Sekali lagi saya mengimbau kepada kita semua agar merawat apa yang telah dibangun, bukan merusaknya,” pungkas Riza. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top