Menu

Faizal Hamzah, Mahasiswa Pendiri Rumah Qur’an AlkahfiMenghebatkan Orang dengan Al-Qur’an dan Mentaatkan Orang dengan Al-Qur’an

  Dibaca : 420 kali
Faizal Hamzah, Mahasiswa Pendiri Rumah Qur’an AlkahfiMenghebatkan Orang dengan Al-Qur’an dan Mentaatkan Orang dengan Al-Qur’an
RUMAH QUR’AN— Faizal Hamzah bersama dengan santi-santrinya di Rumah Qur’an Alkahfi Nagari Bawan.

ROZI NOVITA
PADANG
Di tengah kesibukanya menghadapi skripsi, mahasiswa yang satu ini tidak melupakan tanggungjawabnya sebagai pendiri salah satu lembaga Qur’an. Setidaknya, dua kali seminggu, ia menyempatkan diri bolak balik Padang-Bawan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengabdianya dan ingin bermanfaat bagi orang banyak di kampung halaman.

Mempersiapkan generasi emas yang mumpuni dalam bidang IPTEK, harus dilakukan sebaik mungkin. Pengetahuan saja tak cukup,akhlak serta ketakwaan terhadap ajaran agama harus disertakan agar seimbang antara urusan dunia serta akhirat.

Faizal Hamzah, mahasiswa semester 8 Universitas Andalas berserta rekanya yaitu Fitra Adini Rahman yang juga merupakan founder (pendiri) dari salah satu lembaga Qur’an bernama Rumah Qur’an Alkahfi/RQA sedang menggalang hal tersebut.

Menurut Faizal, Rumah Qur’an Alkahfi terdapat di Bawan Tuo Kecamatan Ampek Nagari,Kabupaten Ampek Nagari. Berdiri sejak 20 Juni 2019 , tujuannya, mewadahi masyarakat untuk mencetak generasi Qur’ani yang madani. Dengan metode Maintechnologi Al-qur’an serta meningkatkatkan dan mendalami tentang Al-Qur’an, akan mengantarkan generasi pada titik kemilauan ilmu, sehingga hidup berkah dunia dan akhirat.

Dijelaskan Faizal, lembaga Qur’an Alkahfi ini murni merupakan bentuk pengabdian pemuda-pemudi Nagari Bawan terhadap masyarakat.

“Kami selaku mahasiswa melakukan ini murni sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. Sejauh ini sudah terdaftar sebanyak 75 orang siswa dan hal ini ternyata di luar dugaan, padahal target perkelas hanya 15 orang saja,Subhanallah”,imbuhnya. Selasa (3/3)

RQA sendiri terdiri atas tiga kelas, kelas pertama bernama Iqra’ul Qur’an, yaitu kelas untuk membaca Al-Qur’an hanya diperuntukan bagi usia 5-12 tahun saja. Kedua, kelas Tahsinul Qur’an yaitu kelas untuk memperbaiki bacaan-bacaan Qur’an dan disempurnakan makhrajul huruf, tajwid dan diperuntukan untuk lintas usia.

Selanjutnya ada kelas Tahfidzul Qur’an, yaitu kelas untuk menghafal Qur’an. Untuk dapat terdaftar sebagai siswa Rumah Qur’an Alkahfi tidaklah sulit,cukup dengan membayar uang pendaftaran sebesar lima puluh ribu saja serta membayar uang iuran kelas perbulan sebesar lima puluh ribu perkelas.

Pemerintahan Nagari Bawan sendiri sangat mengapresiasi kinerja muda-mudi Nagari Bawan ini dan beberapa kali memberikan sumbangan dana, bahkan setiap rangkaian acara yang diadakan RQA selalu dihadiri oleh Camat Nagari Bawan. Selain pemerintahan Kecamatan,para tutua adat ninik mamak dan KAN (kerapatan Adat Nagari) Nagari Bawan juga kerap memberikan bantuan keuangan.

Ditengah kesibukanya dalam menghadapi skripsi, faizal tidak melupakan tanggung jawabnya sebagai pendiri lembaga Qur’an ini, setidaknya dalam seminggu ia mampu dua kali bolak balik Padang-Bawan, hal ini dilakukan sebagai bentuk pengabdianya dan bisa bermanfaat bagi orang banyak sehingga mampu menghebatkan orang dengan Al-Qur’an dan mentaatkan orang dengan Al-Qur’an.

Dia mengakui, keinginan ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran terhadap generasi penerus yang malas membaca, apalagi memahami isi serta kandungan yang terdapat dalam Al-Qur’an, sehingga ia ingin berbagi dan bisa menjadi jembatan bagi orang lain dalam mengamalkan Al-Qur’an. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional