Close

FAD sebagai Upaya Pemenuhan Hak Partisipasi atas Anak

BERSAMA ANAK— Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra bersama anak-anak saat pertemuan dengan Dewan Anak Daerah (DAD).

SOLOK, METRO–Forum Anak Daerah (FAD) Kota Solok, diharapkan dapat mengambil pe­ran dalam upaya pemenuhan hak partisipasi atas anak di daerah khususnya di Kota Solok. Salah satu­nya dengan memperkuat komunikasi dengan peme­rintah daerah.

Dalam pertemuan bersama Forum Anak Daerah (FAD) Kota Solok dengan Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra, te­rungkap berapa persoalan yang menjadi perhatian guna pemenuhan hak partisipasi anak kedepan. Me­nurut Ramadhani, secara nasional ada Forum Anak Nasional (FAN).

Organisasi anak ini dibina Pemerintah RI melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Salah satu tujuannya untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

“Forum anak ini merupakan program nasional, jadi disetiap provinsi, kabupaten/kota ada perwakilannya. Diharapkan dengan adanya forum anak mampu menjembatani komunikasi dan interaksi antara anak-anak dengan peme­rintah daerah” ujar Ramadhani.

Anak anak merupakan generasi pewaris akan kemajuan daerah. Ditangan mereka nantinya kelanjutan pembangunan daerah akan berlanjut. Apalagi menurut Ramadhani, ditahun 2040, Indonesia akan memasuki fase bonus demografi. Dimana usia mu­da lebih banyak dari usia tua.

Dengan kondisi tersebut nantinya, pemerintah punya peran besar untuk mempersiapkan anak mu­da dengan pembinaan, kreatifitas, dan inovasi sebagai generasi penerus. Dengan generasi yang siap menghadapi masa depan, kemajuan daerah diharapkan akan jauh lebih baik.  (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top