Close

F-PKS DPRD Sumbar Sukses Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

LOMBA KITAB KUNING— Para pemenang dalam Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) ke-V yang digelar F-PKS DPRD Sumbar berfoto bersama.

KOTOTANGAH, METRO–Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DP­RD Sumatra Barat sukses menggelar ajang Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) ke-V. Kegiatan tersebut diikuti oleh para santri perwakilan kota dan kabupaten se-Sumatera Barat. Disediakan hadiah berupa tropi dan uang tunai bagi para pemenang.

LBKK V yang diinisiasi oleh FPKS DPRD Provinsi Sumbar ini dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap penyisihan dilaksanakan secara online, Minggu (28/11/2021) lalu, yang diikuti oleh 130 peserta. Semen­tara babak final diikuti oleh 9 finalis, dilaksanakan se­cara ofline di kantor DPTW PKS Sumatera Barat, Jalan Adinegoro 47, Koto­ta­ngah Padang, Minggu (5/12), disiarkan live di kanal Youtube PKS TV Sumbar.

Anggota DP­RD Su­ma­tera Barat, yang juga Sek­retaris Umum DPW PKS, Rahmat Saleh, S.Farm., me­nyampai­kan apresiasi bagi para finalis yang tam­pil. ”Kami atas nama fraksi dan DPW PKS mengaku bangga atas terlaksananya kegiatan ini, dan juga atas penampilan pa­r­a finalis hari ini,” ung­kapnya.

Adapun para pemun­cak dalam ajang ini antara lain; juara 1 diraih oleh finalis Mahfudz Jalali (Pa­dang Panjang), juara 2 Ah­mad Rojih (Padang Pan­jang), juara 3 Habibullah (Kota Solok). Sementara harapan 1 diraih oleh Ja­miatul Ilmi (Pd. Pariaman), dan harapan 2 diraih oleh Ifkar Rasyid (Padang). Se­lanjutnya disusul pe­ringkat 6 diraih Muham­mad Jufri (Agam), pering­kat ke-7 diraih oleh Ilman nafoan Nur (Agam), dan peringkat ke-8 diraih oleh Salsabila Firdaus (Pd. Pa­riaman).

Materi yang diperlom­bakan diambil dari Kitab Fathul Muin, karangan Syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz bin Zainuddin Al­mali­bari. Adapun yang akan dijadikan poin penilaian an­tara lain kelancaran mem­­­baca, kebenaran mem­baca sesuai kaidah Nahwu Shorof, pemahaman dan pengua­saan teks bacaan.

Bertindak sebagai de­wan juri, antara lain, Dr. Muchlis Bahar, Lc., MA., M Ridho Nur Lc. MA, dan Akmal Syafar Lc.MA. Para pemenang mendapatkan uang tunai sebesar Rp5 juta bagi peraih juara 1, juara 2 sebesar Rp3,5 juta, juara 3 sebesar Rp2,5 juta. Se­men­tara untuk harapan 1 sebe­sar Rp2 juta, harapan 2 se­besar Rp1,5 juta, dan hara­pan 3 sebanyak Rp1 juta.

Peraih peringkat ter­tinggi akan mengikuti grand final LBKK yang akan di­gelar secara nasional pada 8 Desember mendatang. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top