Close

Evi Yandri Gelar Lomba Lintas Alam Telusur Jejak Perjuangan Harimau Kuranji

Evi Yandri Rajo Budiman

Perkumpulan Kelompok Pecinta Alam Bina Isi Alam Semesta (KPA-BIAS) Padang gelar Lomba Lintas Alam – Telusur Jejak Perjuangan Harimau Kuranji (LLA-TJPHK) 2022, yang sedianya akan dilaksanakan 25-27 November 2022.  Lomba Lintas Alam ini dihelat melalui pokok pokok pikiran (Pokir) anggota Komisi IV DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman. “Lomba Lintas Alam ini tidak terlepas untuk mengingatkan kembali sejarah perjuangan Harimau Kuranji, yang basis per­juangan­nya di kawasan Kuranji kepada ge­nerasi muda, Kota Padang khususnya dan Sumbar umum­nya,” ujar Evi Yandri Rajo Budiman, Minggu (20/11).

Evi Yandri didampingi Ketua SC  Khalid Saifullah Rj Basa dan Ketua OC Erick Bermandi mengatakan, lomba ini sekaligus memperingati hari jadi Sumbar yang ke 77. Dan,  lomba ini melibatkan peserta kelompok pecinta alam yang ada di Sumbar, yang satu timnya terdiri dari empat personel. Dan pesertanya, terdiri dari dua, kategori umum dan kategori SMA, SMK dan sederajat.

Rute lomba ini terdiri, star Tugu Harimau Kuranji (Kantor KAN Pauh IX) – pusara Djamaludin Wak Ketok – Sungia Sapih – Gunuang Sarik – Lubuk Tam­puruang – Ngalau Si Patai – Padang Lalang, Sungkai – SMA N 16 – Lambuang Bukik – Limau Manih – Alai – Piai Pasar Ambacang dan finish Tugu Harimau Kuranji di Kantor KAN Pauh IX Kuranji Jalan Bypass Kampuang Lalang.

Lomba ini mengusung tema dengan Lomba Lintas Alam Telusur Jejak Per­juangan Harimau Kuranji bisa tumbuhkan semangat Bela Negara Patriotisme, Kecintaan dan Kepedulian Generasi Muda ter­hadap Lingkungan, Sosial dan Bu­daya.

Kemudian bertujuan me­ning­katkan rasa cinta tanah air terhadap generasi muda dengan mengenang jejak per­juangan Harimau Kuranji.  Menum­buh­kan, menanamkan nilai nilai per­juangan nasionalisme dan semangat patriotisme terhadap generasi muda.  Mempererat persatuan dan kesatuan serta tali persau­daraan antar generasi muda.

Ditambahkan Evi Yandri, dalam lomba ini ada kegiatan pemutaran film dokumenter dan Teaterikal Jejak Per­juangan Harimau Kuranji. Pemaparan sejarah mengenai perjuangan memper­tahankan kemerdekaan oleh seluruh komponen masyarakat Kota Padang, Sumbar dan Indonesia, yang dikenal dengan Sejarah Perjuangan Harimau Kuranji. “Lomba ini memperebutkan total hadiah sebesar lebih kurang Rp 50 juta, untuk dua kategori peserta yakni kelompok SMA, SMK sederajat serta kelompok umum,” kata Evi Yandri.

Dikatakan Evi Yandri, lomba ini dilatarbelakangi agar generasi muda baik Kota Padang dan Sumbar umumnya agar tak melupakan sejarah perjuangan rakyat Sumbar, terutama perjuangan masyarakat Kota Padang di kawasan Pauh IX Kuranji dan sekitranya.  Karena Nagari Pauh IX Kuranji merupakan kawasan penting  dan strategis sebagai basis pergerakan para pejuang kemerdekaan tak terlepas dari letaknya yang sangat strategis untuk pertahanan sekaligus penyerangan pasukan Indonesia ke kantong-kantong pertahanan Sekutu dan Belanda.

Ditambah adanya jalan tikus yang melintasi daerah itu menjadi penghubung daerah Kuranji dengan berbagai daerah pertahanan di garis belakang hingga ke hutan-hutan di sisi Bukit Barisan. Lahirnya Harimau Kuranji didasari  dengan keberanian dan kemahiran pejuang-pejuang kemerdekaan di Kuranji yang ditakuti  Sekutu. Strategi perang gerilya yang diterapkan Ahmad Husein Cs seringkali merepotkan tentara Belanda. Bagi Sekutu dan Belanda , Harimau Kuranji merupakan ganjalan sekaligus momok yang sangat menakutkan. (* )

KRITERIA PESERTA

  1. Peserta LLAT JPHK hanya berjum­lah 77 Tim 2. Usia 16 – 30 Tahun yang dibuktikan dengan poto copy akta kelahiran 3. Peserta dibagi menjadi 2 kategori : A. Umum. B. SMA/ SMK Sederajat 4. Peserta dalam bentuk Tim. 5. Masing-masing Tim terdiri atas 4 (empat) orang yang mana 3 (orang) Peserta dan 1 (satu) orang Official. 6. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan berbadan sehat dari dokter. 7. Surat rekomendasi / pengantar wewakili orga­nisasi : A. KPA, Mapala, Sispala atau Perhimpunan Pecinta Alam se-Indonesia. B. Organisasi pemuda, Resimen Mahasis­wa, Senat Mahasiswa, Himpunan Maha­siswa atau Unit Kegiatan Mahasiswa PTN/PTS OSIS, Sispala, Pramuka dan Karang Taruna. C. Instansi Pemerintah dan swasta. Syarat Pen­daftaran 1. Masing-masing organisasi hanya diperbolehkan mengutus 1 (satu) Tim untuk mengikuti LLAT JPHK Se Sumbar. 2. Peserta wajib mengisi masing-masing formulir pendaftaran Online dan Offline. 3. Surat rekomendasi atau pengan­tar dari organisasi dengan tanda tangan dan stempel basah organisasi. 4. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter masing-masing peserta dan official. 5. Fotocopy KTP masing-masing peserta dan official. 6. Pas Photo 3×4 terbaru masing-masing peserta dan official.

CATATAN :

Tim wajib mendaftarkan online organisasinya paling lambat  20 November 2022 dan mengisi form pendaftaran offline yang sudah disediakan untuk diserahkan paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan Lomba – Panitia Pelaksana Lomba Lintas Alam Telusur Jejak Per­juangan Harimau Kuranji

PENDAFTARAN ONLINE :

Untuk pendaftaran Online dapat mengisi google form dengan lengkap pada link di bawah ini : bit.lyFormulirPendaftaranLLAT-JPHKSe-Sumbar.

SYARAT PERLENGKAPAN TIM 

  1. Tenda Dome minimal isi 4 orang 2. Perlengkapan Medis/ P3K 3. Alat Masak (Kompor dan Nesting atau Semacamnya) 4. Papan Abo

SYARAT PERLENGKAPAN PRIBADI

  1. Tas Ransel / Carel 2. Topi Lapangan 3. Celana Lapangan (panjang) 4. Pakaian Ganti 5. Tabung Air Minum (tumbler) minimal 800 ML 6. Matras 7. Perlengkapan Tidur ( Sleeping Bag atau Sejenisnya ) 8. Alat Penerangan ( Senter ) 9. Webbing 10. Sepatu 11. Ponco Atau Jas Hujan

SYARAT PERLENGKAPAN ORIENTERING

  1. Kompas 2. Protektor 3. Alat Tulis (Pulpen dan Pensil) 4. Busur 5. Rol/ Penggaris

FASILITAS PESERTA

  1. T-shirt/ Baju 2. Piagam 3. Sticker 4. Nomor dada 5. Peta jalur 6. ATK 7. Asuransi dan pelayanan kesehatan selama lomba 8. Panduan peserta selama lomba berlangsung 9. Snack dan Makan selama perlombaan 10. Tanda Pengenal Official

KRITERIA PENILAIAN

  1. Orientering 2. Kelengkapan perleng­kapan dan logistik standar perjalanan di alam bebas 3. Ketrampilan penyelamatan korban patah hati tulang kaki 4. Penge­tahuan tentang kebangsaan dan sejarah Ha­rimau Kuranji 5. Kecepatan pada pos terakhir menuju finish.

HADIAH BAGI PEMENANG A. KELOMPOK SMA/SMK

Sederajat Juara I : Trophy Tetap + Uang Tunai Rp. 10.000.000 + Piagam Juara II : Trophy Tetap + Uang Tunai Rp. 7.500.000 + Piagam Juara III : Trophy Tetap + Uang Tunai Rp. 6.000.000 + Piagam B. KELOM­POK UMUM Juara I : Trophy Tetap + Uang Tunai Rp. 10.000.000 + Piagam Juara II : Trophy Tetap + Uang Tunai Rp. 7.500.000 + Piagam Juara III : Trophy Tetap + Uang Tunai Rp. 6.000.000 + Piagam C. FOTO LINGKUNGAN 1. Foto lingkungan yang akan mendapatkan penilaian adalah foto yang dapat dan bisa memberikan gambaran terkait sejarah perjuangan harimau kuranji yang diambil pada saat kegiatan LLAT JPHK dilaksanakan. 2. Peserta lomba foto adalah mewakili masing masing regu /tim yang ikut dalam perlombaan LLAT JPHK. 3. Masing masing regu / tim menyerahkan 1 foto kepada Panitia, paling lambat 1 jam setelah masuk finish dengan caption yang menarik. 4. Pengambilan foto akan di ambil oleh Aplikasi Maps : Maps Camera dengan menampilkan tanggal, waktu dan koordinat pengambilan. 5. Pemenang adalah tiga foto terbaik yang masing masing akan menda­pat­kan Trophy Tetap + Uang Tunai Rp. 1.000.000 + Piagam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top