Menu

Evaluasi Tahapan Pilkada 2020 di Balai Sidang Bung Hatta Bukittinggi, Tugas KPU Melahirkan Pemilih Cerdas dan Berkualitas

  Dibaca : 64 kali
Evaluasi Tahapan Pilkada 2020 di Balai Sidang Bung Hatta Bukittinggi, Tugas KPU Melahirkan Pemilih Cerdas dan Berkualitas
EVALUASI— KPU Sumbar melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Balai Sidang Hatta.

BUKITTINGGI, METRO
KPU Provinsi Sumbar gelar rapat evaluasi pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Sidang Bung Hatta, selama tiga hari mulai Rabu hingga Jumat 7-9 April.

Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani menyampaikan, rapat evaluasi ini, merupakan tahapan akhir dari pemilhan serentak 2020. Evaluasi ini diikuti KPU Sumbar dan KPU kabupaten dan kota se Sumbar.

”KPU baru saja usai melaksanakan pelayanan hak konstitusi masyarakat. Pesta demokrasi berjalan baik dan sukses. Ada beberapa catatan yang patut diapresiasi. Di antaranya, Pilkada 9 Desember 2020 lalu, dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 dan tidak ada cluster baru yang lahir akibat Pilkada.Ini semua berkat kerjasama KPU dengan pemerintah daerah,” ungkap Yanuk.

Selanjutnya, pada Pilkada 2020, ada beberapa persoalan yang sampai ke Mahkamah Konsitusi. 7 dari 8 permohonan sudah diputus MK, permohonan tidak dapat diterima dan menolak permohonan secara keseluruhan. Sedangkan 1 perkara masih diproses di MK. “Artinya, KPU telah melaksanakan tugas dengan maksimal, sesuai peraturan yang berlaku,” tegas Yanuk.

KPU Sumbar juga dapat 2 penghargaan dari KPU RI. Peringkat dua terbaik tingkat nasional untuk pelaporan badan ed hoc dan peringkat 2 input data DPT ke Silon. “Kedepan masih ada tugas KPU terkait pendidikan pemilih untuk pemilih yang akan datang, untuk melahirkan pemilih yang cerdas dan berkualitas. Selanjutnya, pemutakhiran data pemilih yang berkelanjutan, untuk menyiapkan data pemilih yang lebih akurat untuk pemilihan yang akan datang,” ujar Yanuk.

KPU Sumbar mengucapkan terima kasih kepada KPU kabupaten dan kota se Sumbar, yang telah bekerja keras untuk menyelesaikan tugas secara maksimal. KPU Sumbar juga berterima kasih kepada pemerintah dan Forkopimda serta penyelenggara Pilada Serentak se Sumbar, yang juga telah mensukses pemilihan sereantak tahun 2020 di Sumatra Barat.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi mengapresiasi, pelaksanaan rapat evaluasi pelaksanaan tahapan pemilihan serentak tahun 2020 di Bukittinggi. Secara umum, Wawako juga mengapresiasi pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di seluruh daerah, khususnya di Sumatra Barat.

”Hal ini tentu tak lepas dari kerja keras dari seluruh komisioner KPU dibantu sekretariat, mulai dari tahapan awal, sosialisasi hingga penetapan pasangan calon terpilih. Kami mengucapkan selamat kepada KPU dan seluruh penyelenggara pemilu yang dinilai telah sukses menggelar pemilihan serentak tahun 2020,” ungkap Marfendi.

Wawako berharap, pemilihan serentak yang akan datang, Sumbar akan terus menjadi yang terbaik. Dalam evaluasi pelaksanaan tahapan pemilihan serentak 2020 ini, bertindak sebagai narasumber, KPU RI, pemerhati pemilu, akademisi, Komisi Informasi, Pemantau Pemilihan dan UNP. (pry)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional