Close

Evaluasi Proses Penanganan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Kota Pariaman Gelar Rapat Teknis  

RAPAT EVALUASI—Khairul Anwar saat menyampaikan materi penanganan pelanggaran di Kantor Bawaslu Kota Pariaman, Kamis (18/11).

PARIAMAN, METRO–Bawaslu Kota Pariaman adakan Rapat Teknis Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian sengketa bersama alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) dan Awak Media, Kamis (18/11).

“Kegiatan ini sengaja dilakukan dalam rangka evaluasi proses penanganan pelanggaran dan pe­nye­lesaian sengketa untuk menghadapi pemilu 2024,” ungkap Ketua Bawaslu Pariaman, Riswan.

Ia menyampaikan, pe­milu 2024 pada dasarnya saat ini belum ditetapkan tahapannya. Namun bagi Bawaslu, tentu harus bersiap untuk meyiapkan diri melakukan pengawasan pemilu 2024. “Catatan kami adalah, karena regulasinya masih regulasi yang lama maka tentu bagi penyelenggara cukup memantu, karena sudah punya pengalaman sebelumnya,” sebutnya.

Dikatakannya, dari da­ta yang didapat pada pemilu sebelumnya yaitu bagai­mana meningkatkan partisipasi dari masyarakat. “Hal ini sesuai dengan kewajiban Bawaslu sesuai amanat undang-undang diamanatkan untuk meningkatkan pengawasan par­t­i­sipatif,” ulas Riswan.

Jadi berkenaan dengan itu semua, kata Riswan, pihaknya melibatkan peserta dari Alumni SKPP dan Awak Media. Peserta tersebut yang sebagai ujung tombak untuk meningkatkan partisipatif masyara­kat dalam melaporkan pelanggaran pemilu.

 Ia mengakui bahwa masih rendah partisipatif masyarakat dalam melaporkan pelanggaran di tahapan pemilihan. Harapannya dalam agenda ter­sebut bagaimana mening­katkan partisipatif dalam hal melaporkan pelanggaran pemilu. (ozi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top