Close

Evaluasi Program OPD di Kota Pariaman, Harus Miliki Link ke Kementerian

Wali Kota Pariaman H Genius Umar lakukan rapar evaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungannya.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar lakukan rapar evaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungannya. Semua itu dilakukan Walikota Pariaman H Genius Umar sepulang dari lawatan kerja ke Provinsi Jawa Tengah.

Wali Kota Pariaman  H Genius Umar langsung memerintahkan Kepala OPD, Kabag, Kaban dan Camat untuk memaparkan hasil ki­nerja tahun 2021, dan apa yang akan diperbuat di tahun 2022.

“Setiap kepala OPD atau pimpinan di instansi masing-masing, harus punya leadership yang baik, yang menjadi contoh dan panutan bawa­hanya. Saya juga menginstruksikan agar mulai dari Kabid, sampai Kadis, harus mempunyai link di kementerian dimana dia bertugas, serta dapat berkonsultasi dengan Anggota DPR RI yang membawahi instansi mereka,” ujar Walikota Pa­riaman H Genius Umar, kemarin.

Genius menambahkan, dimasa pandemi covid-19 dan dengan keterbatasan anggaran yang ada,  semua pihak terkait jangan hanya bisa berdiam diri, banyak program Kementerian yang dapat disenergikan dengan ke­giatan di Pemko Pariaman.

“Seperti ketika kunjungan Komisi IV DPR RI, kita ba­nyak mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian, sehingga banyak membawa manfaat dan bantuan yang diterima oleh para petani dan peternak kita, begitu juga kepada OPD yang lain, harus bisa membawa pihak kementerian, minaml Direktur bahkan Dirjen nya dan Anggota DPR RI dari Komisi lainya, untuk datang di Kota Pariaman,” tegasnya.

Katanya, semua kegiatan harus dapat dicatat dan didokumentasikan dan untuk ta­hun 2021 kemarin, Genius Umar meminta untuk sudah dibuatkan buku laporanya, apa saja yang telah dikerjakan dan dibuat oleh setiap OPD yang ada di Kota Pariaman ini, dan nantinya, buku tersebut ditarok di Perpustakaan, sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh publik.

“Saya juga mengharapkan budaya melayani, betul-betul diterapkan oleh semua ASN dan Non ASN yang ada di Kota Pariaman, serta mereka dapat menggunakan tek­nologi untuk mempromosikan kegiatan di masing-ma­sing OPD nya di media sosial, baik instagram, facebook maupun twitter, serta dapat mengelola komplain hand­ling dari masyarakat, untuk cepat ditangani, dengan meng­gunakan medsos yang kita punya,” tuturnya.

Ia juga menginginkan banyak inovasi di setiap OPD yang ada, dan nantinya se­tiap tahun harus ada inovasi yang baru, yang berdampak langsung kepada pelayanan kepada masyarakat dan ke­terbukaan informasi publik.

“Kita telah mempunyai MPP, maksimalkan hal tersebut, dan kita juga telah mempunyai pendampinagn  kepada pelaku UMKM dengan layanan konsultasi bisnis bagi mereka, kita tingkatkan de­ngan membuat Lapak Genius nantinya, sebagai bahan promosi bagi produk UMKM Kota Pariaman,” terangnya.

Genius berharap, agar kinerja OPD didaerahnya, dapat semakin baik lagi, dan dapat betul-betul bekerja dengan target yang jelas, yang mengarah kepada visi misi Kepala Daerah dan RPJMD Kota Pariaman 2018-2023.

“Semoga, dengan niat kita untuk membangun Kota Pariaman menjadi lebih baik, kita dapat meningkatkan pe­layanan kepada masyarakat dan reformasi birokrasi menjadi lebih baik dan simple, sehingga kesejahteraan ma­syarakat dan peningkatan perekonomian daerah, da­pat kita wujudkan,” tandasnya mengakhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top