Close

Evaluasi Pilkada, Pemko Payakumbuh Gelar Diskusi Politik

SAMBUTAN—Wawako Erwin Yunaz memberikan sambutan.

POLIKO, METRO–Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Paya­kum­buh menggelar diskusi politik dalam rangka evaluasi dari pelaksanaan Pilkada 9 De­sember lalu serta persiapan untuk menuju pemilu dan pe­milihan 2024 mendatang.

Wakil Wali Kota Payakum­buh Erwin Yunaz mengatakan untuk pelaksaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar lalu di Payakumbuh berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

”Alhamdulillah, walaupun berlangsung saat bencana non alam Covid-19, secara umum pelaksanaannya di Kota Paya­kumbuh cukup sukses,” kata Wawako Erwin Yunaz kepada media di Aula Ngalau Indah, Selasa (25/5).

Untuk mensukseskan pe­lak­saan pesta demokrasi ter­besar di 2024 nanti, Wawako meng­harapkan kepada seluruh stakeholder untuk mendorong ber­langsungnya proses pen­didikan dan pendewasaan po­litik de­ngan tetap menge­depan­kan rasa persatuan dan kesa­tuan.

”Kepada partai politik yang ada kiranya juga mampu mem­berikan edukasi melalui pen­didikan politik (parpol) untuk menyukseskan penyeleng­garaan pemilihan umum demj kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Menunjang terlaksananya pendidikan politik tersebut, Erwin menyebut berdasarkan PP nomor 1 tahun 2018 tentang bantuan keuangan kepada par­pol telah dilaksanakan pen­cairan bantuan untuk 10 parpol yang mendapat kursi di DPRD Kota Payakumbuh sebesar Rp. 651.312.313. “Untuk tahun ini juga telah disiapkan dana ban­tuan dengan nilai yang sama dengan tahun 2020 lalu,” ung­kap­nya.

”Kami juga mengharapkan melalui kegiatan diskusi politik ini dapat dimanfaatkan seba­gai sarana untuk mening­katkan dan menambah wawasan kita sehingga dapat disosiali­sasi­kan di lingkungan kita masing-masing,” tukuknya.

Sementara itu Dalam lapo­ran Kepala Kantor kesbangpol Budhy D. Permana menga­takan kegiatan tersebut meru­pa­kan salah satu bentuk sara­na evaluasi bagi tim Peman­tauan Perkembangan Evaluasi (PPE) Perkembangan Politik Kota Payakumbuh.

”Kita harapkan kegiatan ini akan memberikan input serta masukan positif untuk persia­pan daerah dalam menyambut pesta demokrasi terbesar di 2024 mendatang, karena dipre­diksi masih dilaksanakan dite­ngah-tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Kemudian dalam kegiatan ini Wakil Wali Kota Paya­kum­buh menyerahkan LHP BPK RI kepada ketua parpol penerima bantuan keuangan parpol ta­hun anggaran 2020.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, Tim PPE Perkembangan Politik Kota Payakumbuh, OPD terkait, K­PU, Bawaslu, Ketua Parpol, serta ketua Organisasi Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Wali Kota Payakumbuh me­nyerahkan LHP BPK RI kepada ketua parpol penerima ban­tuan keuangan parpol tahun anggaran 2020. Kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur Forko­pimda, Tim PPE Perkembangan Politik Kota Payakumbuh, OPD terkait, KPU, Bawaslu, Ketua Parpol, serta ketua Organisasi Masyarakat dan tamu un­da­ngan lainnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top