Menu

Evaluasi Pengawasan Tahapan Pilkada “Kita Diuji Adanya Covid-19”

  Dibaca : 597 kali
Evaluasi Pengawasan Tahapan Pilkada “Kita Diuji Adanya Covid-19”
SERAHKAN PENGHARGAAN— Ketua Bawaslu M.Khadafi didampingi Komisioner Suci Wildanis menyerahkan penghargaan kepada Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz.

KUBUGADANG, METRO
Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh Muhammad Khadafi menyebut bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 lalu dilalui di tengah pendemi covid-19 dengan berbagai dinamikanya. Dan semangat pengawasan Pilkada diuji dengan adanya Covid-19. “Proses tahapan panjang yang dilakukan, sudah dilalui dengan berbagai dinamikanya. Dan semangat kita diuji dengan adanya Covid-19. Dan semangat kita untuk melakukan demokrasi prosesi pergantian pemimpin tidak surut, karena ini menyakut hajat hidup orang banyak,” ungkap Muhammad Khadafi, pada kegiatan evaluasi pengawasan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Sumatera Barat tahun 2020, Selasa (23/2).

Dia menyebut, dibanyak daerah di Indonesia pengalaman sudah banyak mengajarkan bahwa ada dinamika yang tidak terselesaikan sampai akhir pemilu. Dan di Payakumbuh berkat koordinasi dan komunikasi yang baik antar stakeholder, sehingga pelaksanaan Pilkada berjalan aman, tenang dan sukses.

Dengan tegline Bawaslu “Bersama Masyarakat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”, Bawaslu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wali Kota Payakumbuh dan Wakil Wali Kota Payakumbuh yang terus mensupor. Kemudian kepada Bapak Kapolres dan jajaran yang selalu memberikan rasa aman kepada penyelenggara Pilkada. Kepada Dandim, Kejari dan jajaran yang tergabung dalam Gakumdu.

“Pencegahan menjadi persentase yang utama bagi Bawaslu, dan bila pencegahan tidak bisa dilakukan barulah kami mengacu kepada penegakan. Terimakasih kepada ormas, Perti, Persis, NU, Muhammadiyah, Bundo Kandung, Organiasai Kepemudaan yang sudah membantu kami dalam pengawasan partisipatif,” ucapnya.

M.Khadapi yang mudah diakses oleh awak media ini juga menyampaikan terimakasih kepada Tim pemenangan, relawan yang dibentuk oleh pasangan calon yang telah mengindahkan segala sesuatu yang boleh dan tidak boleh dalam aturan dalam pilkada gubernur dan wakil gubernur Sumbar tahun 2020.

“Terima kasih juga kepada rekan-rekan media yang selalu membantu kami dalam menyebarluaskan informasi. Dan apa-apa yang tidak berkenan atau kepentingan terganggu dalam masa Pilkada, itu dilakukan Bawaslu karena mengedepankan pencegahan dan itu karena kami sayang kepada bapak ibuk. Hal ini agar tidak berproses secara hukum,” ucap Khadapi yang dikenal dekat dengan awak media.

Dia berharap semoga kedepan, kebersamaan dan kesolidan ini bisa terus terjaga dan semakin ditingkatkan. “Kita belum tau pasti apakah kita Payakumbuh akan melaksanakan Pilkada pada 2022 mendatang atau serentak pada tahun 2024, kita tunggu keputusannya. Dan tentu apa yang sudah kita bangun, terus kita tingkatkan untuk lebih baik lagi dimasa datang,” harapnya dengan ramah kepada wartawan.

Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal menyebut, semua tahapan sudah selesai seluruhnya, terakhir penetapan pasangan calon terpilih. Dan hasilnya sudah disampaikan kepada mendagri dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur akan dilakukan rencananya 26 Februari mendatang.

“Ada 12 tahapan, persiapan dan pelaksanaan, dan tidak semua tahapan kita lakukan, dan KPU Kota Payakumbuh hanya melakukan verifikasi faktual paslon perseorangan. Sehingga, tentu ada hal-hal yang perlu evaluasi. Kemudian sosialisasi, dan KPU sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat,” ucapnya.

Kendalanya, disampaikan Haidi Mursal hanya karena dimasa pendemi covid-19 jumlah pesertanya terbatas. Sehingga, tingkat sosialisasi tentu perlu menjadi evaluasi sehingga kedepan partisipasi pemilih semakin tinggi. “Dan kita berada pada Tiga terakhir partisipasi pada Pilgub 2020 lalu. Dan itu sudah usaha maksimal yang dilakukan,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz pada kesempatan itu memberikan apresiasi atas kinerja Bawaslu Kota Payakumbuh yang dinilai sukses mengawasi pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di Payakumbuh. “Kita berikan apresiasi kepada Bawaslu yang sukses dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada 2020. Dan kota ucapkan terimakasih kepada Kapolres dan Jajaran, Dandim 0306 dan jajaran, Kejari dan jajaran, niniak mamak, bundo kandung, pemuda dan semua pihak yang tidak tersebutkan satu persatu yang sudah mensupor pelaksanaan pilkada ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bawaslu Kota Payakumbuh memberikan penghargaan kepada Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Dandim, Kapolres, Kejari, DPRD, KPU, Balai Wartawan (BW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan kepada tim sukses masing-masing pasangan calon atas bantuan dan kerjasama yang baik dalam mewujudkan Pilkada yang damai, aman dan sukses. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional