Close

Evaluasi Pelayanan Masyarakat, Kesbangpol Gelar Forum Konsultasi Publik

KONSULTASI--Kegiatan Forum Konsultasi Publik dipimpin langsung Kepala Kantor Kesbangpol Sijunjung, David Rinaldo, Senin (22/11).

SIJUNJUNG, METRO–Kantor Kesbangpol Lin­mas Kabupaten Sijunjung menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik dalam penguatan program, serta peran Kesbangpol dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Secara tupoksi, Kesbangpol sendiri memiliki peran pelaya­nan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Seperti pemetaan dan me­ngantisipasi konflik, pembinaan politik kepada ma­syarakat, serta menjaga rasa persatuan dan kesatuan di tengah masya­rakat.

“Kesbangpol merupakan bagian dari OPD yang terlibat langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk dalam pembinaan dan legalitas organisasi kepemudaan (OKP) organisasi masyarakat (Ormas) dan lembaga swadaya masya­rakat (LSM),” tutur Kepala Kesbangpol Sijunjung, Da­vid Rinaldo SSTP didampingi Kasi Kesbang, Tri Aprizal dan Kasubag TU, Dewi Lusi Anita.

Dengan demikian, peran dan fungsi Kesbangpol memiliki orientasi terhadap menjaga stabilitas antar lembaga dan ma­syarakat dengan cara bersinergi demi pelaksa­naan pemba­ngunan dae­rah.

“Kegiatan ini kita gelar sebagai evaluasi serta meminta saran masukan dari berbagai pihak. Tujuannya agar menjadikan Kesbangpol lebih baik lagi dalam hal memberikan pelayanan publik kedepannya,” terang David Rinaldo, Senin (22/11).

Pada kegiatan itu turut menghadirkan sejumlah OKP, Ormas dan perwakilan dari masing-masing perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Sijunjung seperti Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) dan Se­kolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al Yaqin, Muaro Sijunjung.

“Ini merupakan wadah untuk bertukar pikiran, me­nyampaikan aspirasi serta untuk mengenal Kes­bangpol lebih jauh. Bisa saja nantinya pihak dari perguruan tinggi ingin mengadakan kegiatan ten­tang pembinaan politik, kuliah umum tentang kebangsaan, pe­nyu­luhan narkoba dan sebagainya, bisa berkordinasi dengan Kesbangpol,” papar Da­vid Rinaldo.

“Termasuk pada bi­dang penelitian yang ber­hubu­ngan dengan perguruan tinggi, itu harus ada terlebih dahulu izin dari Kesbangpol. Sebenarnya banyak hal, dan InsyaAllah kedepannya akan le­bih kita per­kuat,” ungkap David.

Meski begitu, pihaknya tetap meminta saran dan masukan dari semua pihak agar pembenahan pelayanan di Kesbang bisa tetap terlaksana dengan baik. “Disisi lain, pelaya­nan ini merupakan prioritas bagi kepala daerah kita saat ini. Kami mohon dukungan dan saran dari berbagai pihak agar Kesbangpol lebih baik lagi kedepannya,” tambah Kakan Kesbangpol Sijunjung. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top