Close

Evaluasi Kinerja OPD untuk Kemajuan, PPID Raih Penghargaan KI Sumbar

PENGHARAGAAN— Plt.Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Pariaman Adi Junaidi dapat penghargaan.

Laporan : Efanurza Kota Pariaman

Dalam memajukan semua bidang pembangunan dalam Kota Pariaman, Wali Kota Pariaman H Genius Umar agar semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada semua unit kerja di lingkungannya  harus meningkatkan kinerja masing-masing. Makanya, ia terus melakukan rapat evalausi kinerja bagi pimpinan perangkat daerah/unit kerja di lingkungannya. Genius Umar juga mengungkapkan bahwa pimpinan OPD harus mengevaluasi kinerja utama yang menjadi beban atau tanggung jawab dari masing-masing organisasinya. “Gu­na­nya, untuk me­ngwu­judkan dan me­ningkatkan rasa ke­pe­milikan seluruh pim­pinan OPD terha­dap kinerja yang ha­rus dicapainya,” ujar­nya.

Genius juga menyampaikan bahwa  Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan salah satu tolok ukur kinerja instansi pemerintah. Nilai SAKIP Kota Pariaman selama 5 tahun terakhir masih belum optimalnya implementasi SAKIP di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

“SAKIP sebagai suatu siklus berkesinambungan yang tidak terputus mulai dari perencanaan kinerja, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, capaian kinerja, evaluasi dan pelaporan kinerja, sangat membutuhkan peran semua pihak dalam penyelenggaraannya, terutama peran pimpinan OPD sebagai pihak yang memiliki kewenangan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah,” ungkapnya.

Contoh kinerja baik adalah katanya, untuk kedua kalinya, PPID Utama Kota Pariaman kembali meraih penghargaan dari Komisi Informasi (KI) Sumbar dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2021. “Ini merupakan penghargaan kedua kalinya diraih PPID Kota Pariaman dibawah naungan Dinas Kominfo Kota Pariaman. Untuk kategori kota/kabupaten, PPID Kota Pariaman meraih peringkat 3  menuju Informatif,” kata Plt.Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Pariaman Adi Junaidi

Suksesnya PPID Kota Pariaman dalam penghargaan ini tak lepas dari dukungan penuh dari Pemerintah Kota Pariaman melalui PPID Pembantu yang telah berperan aktif dalam memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat. “Penghargaan yang kami peroleh ini akan jadi motivasi bagi  Kota Pariaman khususnya Dinas Kominfo untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan publik bagi masyarakat Kota Pariaman,” terangnya.

Ia menambahkan keterbukaan informasi publik merupakan hak publik untuk mengetahui apa yang dilakukan badan publik dengan tujuan penyelenggaraan pemerintahan lebih akuntabel dan transparan. “Untuk Keterbukaan Informasi Publik ini, sudah jadi komitmen kami di Pemko Pariaman. Ini sesuai yang sampaikan Wali Kota Pariaman Genius Umar bagaimana menjadikan pemko ini akuntabel, efisien, dan efektif,” ungkapnya lagi.

Dalam kesempatan ini, Ia juga berterima kasih dan sekaligus bersyukur atas anugerah yang diterima Pemko Pariaman untuk Tahun 2021 karena dari sekian banyak kabupaten kota di Sumbar, Kota Pariaman tetap menjadi nominasi bahkan sampai menjadi 3 (tiga) terbaik.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top