Close

Evaluasi Keuangan dan Pembangunan Desa, Kepala Desa dan Perangkat Ikuti Workshop

WORKSHOP—Suasana pelaksanaan workshop bagi Kepala Desa dan Perangkatnya.

SAWAHLUNTO, METRO–Pemerintah Kota Sawahlunto selenggarakan Workshop untuk Kepala Desa beserta perangkatnya terkait Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa, di GPK, pada Kamis (27/10). Workshop itu menghadirkan empat narasumber yaitu anggota DPD RI Leonardy Harmainy, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumbar Dessy Adin, Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kemendagri Lutfi, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumbar Ahmar Rudi.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan dengan alokasi dana desa yang cukup besar sementara kemampuan aparatur desa dalam mengelolanya terbatas maka peran pemerintah pusat dan daerah untuk pengawasan dan pembinaan sangat diperlukan.

“Harus diawasi dan dibina secara berkelanjutan agar alokasi dana desa itu dapat efektif dan efisien kemudian bisa dipertanggungjawabkan sesuai regulasi yang berlaku,” kata Wali Kota Deri Asta.

Disebutkan Wali Kota Deri Asta, peran pemerintah daerah dalam mengawasi dan membina dana desa adalah  keikutsertaan OPD dalam Musrenbang Desa, membuat regulasi, membentuk tim pembina dan teknis desa, monitoring dan evaluasi (Monev), ikut serta dalam audit setelah program dilaksanakan.

“Alhamdulillah penggunaan Dana Desa yang dikolaborasikan dengan APBD telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Sa­wahlunto. Sehingga sekarang angka kemiskinan Sawahlunto paling rendah di Indonesia, yaitu 2,38 persen sementara rata-rata nasional jauh diatas itu yakni 10,14 persen,” kata Wali Kota Deri Asta. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top