Menu

Evakuasi Korban Banjir, Lantamal Kerahkan Prajurit

  Dibaca : 117 kali
Evakuasi Korban Banjir, Lantamal Kerahkan Prajurit
EVAKUASI— Dua prajurit Lantamal II melakukan evakuasi dengan perahu karet ke tempat yang aman di Jondul Rawang, Mata Air, Kecematan Padang Selatan, Kamis (10/9).

PADANG, METRO
Banjir yang mengenangi beberapa lokasi di Kota Padang sejak Rabu (9/9) hingga Kamis (10/9), Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal II) , mengerahkan personel untuk membantu mengevakuasi korban. Salah satu kelurahan yang mengalami banjir adalah Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan.

Dengan ketinggian air bervariasi antara 50-80 cm, menggenangi sekitar jalan Jondul Rawang, yang selama ini terkenal langganan banjir tiap tahun.

“Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-75 TNI Angkatan Laut dimana prajurit di Markas Komando (Mako)Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) jalan Bukit Peti Peti Teluk Bayur Padang merayakan HUT TNI AL secara virtual, karena Upacara terpusat di Mabesal,” jelas Danlanatamal II Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso melalui Kadispen Lantamal II Mayor Laut (T) Syahrul kepada POSMETRO tadi malam.

Dikatakan, di sisi lain sebagian prajurit Lantamal melaksanakan salah satu fungsi tugas TNI Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu memberi bantuan terhadap warga yang tertimpa bencana banjir. Melalui satgas siaga bencana, Lantamal menurunkan tim guna membantu warga sekitar Jondul Rawang yang terdampak banjir.

“Bantuan diprioritaskan kepada bayi, anak-anak, lansia, dan wanita. Tim satgas siaga bencana Lantamal II menurunkan perahu karet dan kendaraan angkut berupa truk untuk mengevakuasi warga,” ujar Syahrul.

Lantamal ucap Syahrul, selalu menyiapkan tim siaga bencana yang sewaktu waktu diperlukan dengan cepat langsung melaksanakan tugasnya.

“Dalam kegiatan ini Tim Satgas Siaga Bencana Prajurit Lantamal II termasuk didalamnya Prajurit Yonmarhanlan II, bersinergi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, yang biasa disebut Basarnas, Babinsa, Babinkamtibmas dan warga sekitar. Banjir berangsur-angsur surut saat menjelang siang,” tegas Syahrul. (ped)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional