Close

Erwin Yunaz (Wawako Payakumbuh), ”Bangga menjadi Bagian Perjalanan  dan Tumbuh Kota ini”

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz

PAHLAWAN, METRO–Kota Payakumbuh tumbuh pesat. Maju kencang melampui usianya. Perkembangan Kota selama Lima tahun terakhir melesat bagai anak panah yang lepas dari busurnya. Tepat sasaran, dan dapat dirasakan, dinikmati seluruh lapisan masyarakat kota. Tidak hanya dari sektor pembangunan infrastruktur, ekonomi, olahraga, kuliner, tetapi juga SDM.

Kota Payakumbuh kini sudah menjelma menjadi kota tujuan. Terasa belum lengkap, bila wisatawan pernah ke-Sumatera Barat tetapi tidak singgah di Kota Payakumbuh. Nikmatnya kuliner, seperti randang, sate dan masakan khas lainnya, berjejer disepanjang jalan Sukarno Hatta dengan cita rasa enak dan enak sekali. Suasana kota menjadi hidup dengan menjamurnya cafe-cafe tempat nongkrong anak muda.

Geliat ekonomi berkembang. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hidup dengan ramainya orang yang datang berkunjung ke-Kota Payakumbuh. Keramah tamahan masyarakat kota, menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun man­canegara untuk datang menikmati enaknya kuliner kota City Of Randang.

Pusat pertumbuhan ekonomi baru bermunculan. Wali Kota Payakumbuh H Riza Falepi bersama Wakil Wali Kota H Erwin Yunaz, berhasil menyulap pinggiran Batang Agam yang membelah Kota Payakumbuh, menjadi sarana bermain bagi warga kota. Disamping itu, juga bermunculan cafe dan tempat jualan kuliner disepanjang Batang Agam. Usaha ekonomi masyarakat tumbuh dan hidup.

Sarana olahraga juga berjejer indah di tepi Batang Agam, ada Gor type B Tanjuang Pauh atau Gor Nan Ampek, lapangan Bola Kaki berstandar Nasional, tempat Sketeboard. Masyarakat juga bisa joging atau lari sekeliling lapangan bola kaki Tanjuang Pauh. Selain menyulap Batang Agam, pasangan F-Win ini juga berhasil menghadirkan pusat kebugaran di Padang Kaduduk.

Bermacam sarana olahraga tersedia lengkap di Payakumbuh Bugar Padang Kaduduk. Letaknya persis bersebelahan dengan sentra Rendang Kota Paya­kumbuh. Disana ada lapangan Futsal, Basket Ball, Voli, Takrau, dan arena joging bagi warga Kota. Saat ini, banyak pilihan bagi warga Kota tempat untuk berolahraga. Anak-anak muda kota city of randang kini tidak hanya sehat-sehat tetapi juga berprestasi dibidang olahraga. Masih ingat nama Nabil Asyura, penyerang Timnas U-16, dia adalah anak muda Kota randang.

Wakil Wali Kota Payakumbuh H Erwin Yunaz, saat ditanya wartawan menjelang mengakhiri masa jabatannya mendampingi Wali Kota H Riza Falepi, pada 23 September 2022 ini, mengaku bangga bisa menjadi bagian perjalanan tumbuh kota Payakumbuh. Ide-ide segar untuk membrending kota Payakumbuh yang sebelumnya berjuluk Kota Batiah, berhasil dicitrakan dengan kota City Of Randang.

Bahkan UMKM Randang Payakumbuh telah ber­hasil go internasional. Warga Dunia kini dapat mencicipi nikmat dan lezatnya rendang Payakumbuh.  Baru-baru ini UMKM Randang Payakumbuh berhasil mengekspor 1 ton bumbu rendang ke-Jerman. Sebelumnya, Randang Payakumbuh sudah dinikmati warga Eropa.

“Kita bangga bisa menjadi bagian perjalanan tumbuh kota ini. Apapun kondisinya, kita sudah menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Selama Lima tahun ini kita awali dengan baik, kita tutup dengan baik. Semoga apa yang kita lakukan ini memberikan mamfaat banyak bagi masyarakat. Kita tutup hal buruk dan kita lihat kebaikan untuk masa datang,” sebut Erwin Yunaz.

Dia juga mengatakan infrastruktur Paya­kumbuh saat ini jauh lebih baik dan tinggal dikelola dan dijaga dengan baik. Termasuk pelayanan kepada masyarakat, seperti Mall Pelayanan Publik (MPP). Dari berbagai daerah di Indonesia, orang datang belajar, ini suatu keberkahan bagi warga. Dan tugas pemimpin memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada warga masyarakat. “Dan kita berharap Kota Payakumbuh tumbuh dan berkembang menjadi kota kreatif dan produktif untuk penduduk lokal dan waisatawan yang datang,” sebutnya.

Ia mengakui apa yang dilakukannya bersama wako semata-mata dikerjakan dengan tulus dan ikhlas. Kerja keras, cerdas, dan terukur pasangan F-Win ini bertabur prestasi tingkat Sumbar, regional bahkan nasional. “Kita melakukan dengan tulus iklas. Dan apa yang kita persembahkan menjadi ladang amal bagi kita bersama, kebersamaan ini semakin menjadi penguat dan kita menjadikan ini sebagai pengabdian,” ulas Erwin Yunaz. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top