Close

Enam Tips Mudik dengan Sepeda Motor

SERVICE MOTOR— Para mekanik di bengkel AHASS Menara Agung sedang melakukan service terhadap Honda PCX. (banua siregar/posmetro )

VETERAN, METRO – Libur lebaran tahun ini punya rencana mudik menggunakan sepeda motor? Jika iya, maka hal yang harus dilakukan adalah pergi ke bengkel untuk mengecek kondisi motor, agar pulang kampung terasa lebih aman dan nyaman.

Instruktur Safety Riding PT Menara Agung, Riandy Monru mengatakan pengecekan motor bisa dilakukan kapan saja baik dibengkel umum ataupun resmi. Waktu yang tepat untuk pengecekan sepeda motor adalah pada saat awal puasa sehingga tidak terlalu antrean di bengkel.

“Kalau sudah satu pekan menjelang lebaran, bengkel penuh dan anda harus antre lebih lama dibanding pekan sebelumnya. Tetapi bukan waktu yang menjadi intinya, pengecekan dan penggantian komponenlah yang harus dilakukan menjelang mudik menggunakan sepeda motor,” kata Riandy.

Riandy menjelaskan komponen penting yang ada pada sepeda motor tersebut harus bekerja dengan maksimal, sehingga selama di perjalanan yang jaraknya ratusan kilometer (KM) tidak akan menjadi masalah dan perjalanan mudik menjadi lancar.

“Saat perjakanan mudik, yang terpenting perjalanan kita bersama keluarga lancar dan aman sampai tujuan. Untuk itu, harus ada persiapan juga kendaraan yang akan kita gunaan sehingga bisa dipastikan ready atau tidaknya ketika perjalanan jauh,” ungkap Riandy.

Riandy menjelaskan ada enam tips dari PT Menara Agung guna mempersiapkan motor yang wajib anda perhatikan sebelum mudik. Pertama, lakukan pengecekan ban. Pemeriksaan meliputi ketebalan atau keausan ban, jika sudah lama dan ban terlihat gundul, segera ganti serta gunakan ban yang dapat di gunakan untuk kondisi jalan yang basah dan kering.

“Kemudian, periksa ban depan dan ban belakang secara keseluruhan. Bila perlu ganti komponen roda depan dan belakang secara keseluruhan terhadap fungsi bearing, jari – jari dan velgnya. Cek kondisi roda jangan sampai goyang baik dari velgnya atau dari bearingnya,” jelas Riandy.

Riandy menambahkan tips selanjutnya lakukan pengecekan gear dan rantai. Pemeriksaan meliputi keausan rantai, kendur atau berkarat dan jangan lupa menggunakan pelumas rantai agar selama perjalanan tidak ada masalah.

“Yang juga sangat penting, pemeriksaan sistem pengereman. Periksa sistem pengereman depan dan belakang, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Periksa keausan kampas rem dengan memperhatikan tanda segitiga pada tuas ayun rem (untuk rem tromol), serta batas garis keausan untuk rem cakram,” ungkap Riandy.

Untuk tips selanjutnya yang tidak kalah penting, menurut Riandy lakukan pemeriksaan aki. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan cara menghidupkan mesin dengan elektrik starter, cek lampu depan,sein, klakson dan cek performanya jangan sampai mengalami penurunan dari biasanya.

“Terakhir, ganti oli sepeda motor sebelum berangkat mudik. Mengganti oli dimaksudkan agar kinerja mesin motor anda bisa semakin optimal saat mudik. Jadi tidak ada salahnya dilakukan walaupun oli motor anda masih terbilang baru,” pungkasnya. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top