Menu

Enam Puskesmas Dapat Ambulans Operasional

  Dibaca : 64 kali
Enam Puskesmas Dapat Ambulans Operasional
Bupati Pasaman Yusuf Lubis foto bersama dengan pihak kesehatan usai menyerahkan sebanyak enam unit mobil ambulans.

PASAMAN, METRO
Sebanyak enam unit mobil ambulan direalisasikan Pemkab Pasaman untuk enam Puskesmas di daerah itu. Enam unit ambulans yang direalisasikan tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis di halaman Kantor Bupati Pasaman beberapa waktu lalu.

Diketahui ke enam unit mobil ambulans tersebut merupakan pengadaan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 Dinas Kesehatan.

Dalam kesempatan itu Bupati berpesan agar mobil ambulans yang baru saja diserahkan itu agar dijaga dengan baik dan benar dan difungsikan sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure.

“Pergunakanlah dengan baik dan rawatlah seperti anda-anda merawat kendaraan pribadi,” kata Bupati Pasaman Yusuf Lubis.

Lebih lanjut, Kepada Dinas Kesehatan Pasaman, dr. Rahardian Suryanta menjelaskan, enam Puskesmas penerima mobil ambulans ini adalah, Puskesmas Silayang Puskesmas Pintu Padang, Puskesmas Cubadak, Puskesmas Simpang Tonang, Puskesmas Sundata dan Puskesmas Simpati.

Pengadaan mobil ambulans ini sengaja dianggarkan dalam mata anggaran di Dinas Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan Puskesmas dalam menunjang dan melayani masyarakat yang membutuhkan dalam pelayanan kesehatan.

Selain itu, mobil ambulans ini, tidak hanya sekedar kendaraan darurat untuk mobilisasi pasien dari sarana kesehatan dasar fasilitas lanjutan. Nantinya, mobil ini juga diperuntukan untuk pelayanan Puskesmas Keliling pada wilayah kerja Puskesmas, menjadi kendaraan emergency untuk pertolongan segera pada kejadian kecelakaan dan bencana serta menjadi sarana angkutan jenazah dari fasilitas kesehatan ke rumah duka.

“Ini adalah upaya promotif dan preventif yang sudah menjadi tanggung jawab dinas untuk masyarakat Pasaman. Selain itu, kami juga melakukan pembangunan gedung Puskesmas Kuamang di Kecamatan Panti, pembangunan rumah dinas Puskesmas Simpati di Kecamatan Simpati, pembangunan gedung Polindes Padang Nunang di Kecamatan Rao Selatan dan Pengadaan Alat kesehatan di beberapa Puskesmas,” pungkas Rahardian. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional