Menu

Enam Prajurit Dinyatakan Reaktif, Diskes Lantamal II Semprot Mako dengan Disinfektan

  Dibaca : 65 kali
Enam Prajurit Dinyatakan Reaktif, Diskes Lantamal II Semprot Mako dengan Disinfektan
SEMPROT DISINFEKTAN— Mobil tangki disinfektan menyemprot Markas Komando Lantamal II dengan cairan kimia disinfektan setelah sejumlah prajurit hasil tesnya menunjukkan hasil reaktif.

PADANG, METRO
Cegah dini penyebaran dan memutus mata rantai virus Covid -19 terus dilakukan Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI AL (Diskes Lantamal) II Padang. Dengan melakukan penyemprotan disinfektan Diskes Lantamal bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar.

Beberapa sasaran penyemprotan antara lain, Markas Komando (Mako) Lantamal Jalan Bukit Peti Peti Teluk Bayur, Mako jalan Sutan Syahrir, dan Komplek TNI AL Jondul Rawang Padang Selatan, Sabtu (26/12). Penyemprotan ini diawasi langsung oleh Kadiskes Lantamal II Letkol Laut (K) Zulfitri.S.Si., M.Kes.

Kadiskes Lantamal II Letkol Laut (K) Zulfitri S,Si, M.Kes mengatakan bahwa langkah pemutusan terhadap penyebaran virus Covid 19 ini, selalu diingatkan oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II, Laksamana Pertama TNI Hargianto.S.E., M.M.,M.Si(Han), agar selalu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan air mengalir dengan menggunakan sabun.

“Arahan Danlantamal kepada personel Lantamal II tentang Adaptasi Kebiasaan Baru, sejalan dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.S.E., M.M, Jadilah Contoh Dan Teladan Dalam Mendukung Upaya Percepatan Penanganan Wabah Covid-19,”sebut Zulfitri kepada POSMETRO kemarin.

Dikatakan Zulfitri didampingi Kadispen Lantamal II Mayor Laut (T) Syahrul, tak hanya itu cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau New Normal di Lingkungan TNI Angkatan Laut.

“Dengan harapan personel Lantamal II beserta keluarga bisa terhindar dari wabah Covid-19 yang masih belum ditemukan obatnya ini,” tandasnya.

Enam Orang Prajurit Dinyatakan Reaktif
Sebelumnya pihak Lantamal II melakukan rapid tes anti bodi Senin (21/12) kepada ratusan prajurit. dari hasil tes rapid ini ditemukan sebanyak enam orang prajurit reaktif.

“Kegiatan rapid test ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui lebih dini personil Lantamal yang terpapar virus Covid 19 yang masih menghantui seluruh lapisan masyarakat,”ujar Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Hargianto melalui Kadiskes Lantamal Letkol Laut (K) Zulfitri, didampingi kadipen Lantamal II Mayor Laut (T) Syahrul kepada POSMETRO usai apel pagi, kemarin.

Dikatakan, Letkol Laut (K) Zulfitri, rapid test saat ini bertujuan bertujuan untuk deteksi dini terhadap personil Lantamal yang terpapar virus Covid 19.

Rapid Test yang dilakukan ini, berupa Rapit Test anti bodi melalui darah ferifer, jika hasilnya positif atau reaktif kita lanjutkan dengan Rapit Anti Gen, apabila hasilnya juga reaktif dilanjutkan dengan Swab Polymerase Chain Reaction atau PCR sampai hasilnya keluar.

Dalam kegiatan ini dari sebanyak 311 personil Lantamal II sudah menjalani Rapit Test, 6 personil dideteksi reaktif dan lainya non reaktif. “Enam orang personel ini akan dilanjutkan dengan pemeriksaan selanjutnya,” sebutnya. Rapid test ini juga di lakukan oleh Pejabat Utama, Dansatrol dan Kasatker Lantamal II. (ped)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional