Menu

Enam Hari ke Depan, Kota Solok Ditetapkan jadi Zona Kuning

  Dibaca : 106 kali
Enam Hari ke Depan, Kota Solok Ditetapkan jadi Zona Kuning
RPW (38), warga Koto Langang, Kenagarian Punggaaan Timur, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan diamankan Polsek Lengayang Polres Pessel, usai korban R (40) melapor ke Polsek Lengayang. 

SOLOK, METRO–Terhitung tanggal  4 Juli sampai tanggal 10 Juli 2021 mendatang, Kota Solok ditetapkan zona Kuning. Perubahan status ini ber­dasarkan hasil perhitungan 15 indikator data onset pada minggu ke-69 pan­demi Covid-19 di Sumbar yang dilakukan Satuan Tugas Percepatan Pena­nganan Covid-19 Provinsi Sumbar.

Sekretaris Satuan Tu­gas Penanganan Covid 19 Kota Solok, Syaiful A men­jelas­kan, berdasarkan data yang diinput dan diolah Dinas Kesehatan Provinsi Sum­bar, maka mulai tanggal  4 Juli sampai tanggal 10 Juli 2021, Kota Solok ditetapkan zona Kuning. Namun meski turun status dari zona ora­nye ke zona kuning, warga dihimbau tetap mene­rap­kan protokol kesehatan.

Menurutnya, dalam u­paya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Solok, telah dilakukan tracing yang lebih masif. Dari rekapitulasi tracing rasio yang dirilis Dinas Kesehatan Sumbar, selu­ruh kabupaten dan kota di Sumbar belum ada men­capai target tracing ratio.  “Untuk Provinsi Sumbar tracing ratio yakni 1:15 (100 persen) dan baru men­capai 1,50 persen. Sedang­kan Kota Solok saat ini baru mencapai 3 persen. Jika dibanding dengan ka­bu­paten dan kota se Sum­bar berada di urutan ke 2,” ujar Syaiful.

Dengan kata lain, terli­hat Kota Solok telah beru­paya dalam melakukan tracing sebagai salah satu upaya memutus mata ran­tai penyebaran Covid-19. Namun tracing tanpa duku­ngan dan kesadaran ma­sya­rakat, apapun regulasi, cara, metode yang akan diterap­kan pemerintah, tidak akan dapat berjalan baik.

Saat ini pemerintah se­dang berupaya semak­simal mungkin melakukan vaksinasi untuk seluruh masyarakat. Langkah ini diharapkan akan dapat mempercepat memutus rantai penyebaran virus corona. Kasus terkonfir­masi positif terakhir, kom­posisi data kasus di Kota Solok tercatat sebanyak 1.310 kasus. Dari data ter­se­but tercatat sebanyak 1.235 orang  sembuh.

Sementara pasien yang menjalani isolasi dirumah sakit tercatat sebanyak 9 orang dengan rincian di RST 3 orang, di RSUD M Natsir 4 orang, di RSUD Aro Suka 1 orang dan iso­lasi di RS Ibnu Sina Bukit­tinggi 1 orang. Sedangkan yang menjalani isolasi man­diri sebanyak 37 orang. Selama kasus Covid 19 melanda, tercatat 29 orang warga Kota Solok me­ning­gal dunia yang dinyatakan terpapar virus corona. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional