Menu

Enam Fraksi DPRD Sahkan Dua Perda, Walikota Terima dari Anggota DPRD

  Dibaca : 467 kali
Enam Fraksi DPRD Sahkan Dua Perda, Walikota Terima dari Anggota DPRD
Walikota Pariaman tandatangani Ranperda disaksikan Wakil Ketua DPRD dan Forkompinda Dibesarkan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman sahkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota Pariaman.

Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Mulyadi menyampaikan, Ranperda yang disahkan tersebut yakni tentang pencegahan dan peningkatan kualaitas terhadap perumahan kumuh dan pemukiman kumuh. Kemudian tentang perubahan ketiga atas peraturan daerah (Perda) No 4/2013 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

Ia mengatakan, sebenarnya ada tiga Ranperda yang akan disahkan, namun berkenaan Ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pariaman harus ada persetujuan substansi dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Ia menyampaikan, pihaknya sudah mengajukan persetujuan substansi tahap I namun karena pembahasannya tertunda akibat Covid-19 dan dilanjutkan persetujuan substansi tahap II. “Persetujuan substansi tahap II telah turun namun prosesnya ada dua sampai tiga bulan sehingga kami tidak dapat mengesahkannya sekarang,” kata Mulyadi.

Ada enam pandangan fraksi, yaitu fraksi Gerindra disampaikan Hamdani, fraksi Golkar disampaikan Ali Bakri, Fraksi Nasdem disampaikan Jonasri, Fraksi Keadilan Demokrat Muhammad Yasin, Fraksi PPP disampaikan Ichwan Idham, dan terakhir Fraksi Bulan Bintang Nurani disampaikan Fadli.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan, dengan disetujuinya dua ranperda tersebut, yakni Ranperda tentang pencegahan, peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan pemukiman kumuh akan dapat terealiasasi secepatnya dengan baik dan lebih tertata.

Sedangkan dengan Ranperda perubahan ketiga No. 4 /2012 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Pariaman tahun anggaran 2021. Hal ini dapat dijadikan salah satu sumber pendapatan daerah Kota Pariaman.

Ia menyampaikan, ucapan terimakasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Pariaman atas kerjasama yang terjalin dengan baik, serta seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu atas dukungan pembangunan Kota Pariaman.

Rapat paripurna juga dihadiri Sekretaris DPRD Yusrizal, Sekdako Pariaman Yota Balad, Asisten I Setdako Pariaman Yaminurizal, Asisten II Setdako Pariaman Sumiramis, Danramil Pariaman serta Kepala OPD, Camat, Kepala Desa/lurah se-Kota Pariaman. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional