Menu

Embung Destinasi Wisata untuk Kemajuan Desa, Menteri Datang, Tingkatan Ekonomi Masyarakat di Padang­paria­man

  Dibaca : 96 kali
Embung Destinasi Wisata untuk Kemajuan Desa, Menteri Datang, Tingkatan Ekonomi Masyarakat di Padang­paria­man
SERAHKAN—Bupati Padangpariaman Suhatri Bur serahkan proposal kepada menteri untuk pengembangan embung.

Bupati Padang­paria­man Suhatri Bur menya­takan pembangunan em­bung sangat berguna untuk kemajuan sek­tor pertanian dan pe­ngem­bangan detinasi wisata baru dalam da­erahnya. Namun se­bagin embung telah tersentuh oleh dana desa, tapi belum mak­simal untuk pengem­bangannya. “Karena itulah dengan keda­tangan Mentri Desa PDTT  A Halim Iskan­dar ke Kabupaten Pa­dangpariaman ada per­­hatian untuk kema­juan embung ini,” kata Bupati Padangpariaman Su­hatri Bur saat menyam­paikan laporannya kepada Mentri Desa PDTT, ke­marin..

Katanya, embung da­lam Kabupaten Padang­pariaman memang sudah tersentuh oleh dana desa dari Kemendes, hanya saja belum maksimal. “in­syaAllah Menteri Desa PDTT akan kembali meng­gangarkan untuk penye­lesaian pembangungan embung ini yang sekaligus menjadi salah satu des­tinasi wisata air di Ka­bupaten Padang­paria­man,­” kata Suhatri Bur.

DIALOG—Bupati Padangpariaman saat dialog dengan menteri dan bersama gubernur Sumbar.

Suhatri Bur menyam­paikan karena Jumat ke­marin, Mentri Desa PDTT  A Halim Iskandar me­ngun­jungi embung  desti­nasi wisata air dan sebagai spot pemancingan  di Ke­ca­matan Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Pa­dang­pariaman.

Bupati Padang­pa­ria­man Suhatri Bur me­minta kepada Mentri Desa dan PDTT menambah pem­bangu­nan embung ini. “Se­hing­ga semakin me­narik dikunjungi wi­sa­ta­wan dan para man­cing mania,” ka­ta Bupati Padang­pa­riaman Suhatri Bur, ke­marin.

Apalagi katanya,  embung ini nantinya akan dijadikan des­tinasi wisata air dan sebagai spot pe­man­­­cingan juga ber­­­guna untuk ke­ma­juan Kabupaten Padangpariaman ke depan. “Mari kita bersama sama men­­­dukung pem­ba­ngunan ini,” ungkapnya.

Suhatri Bur  meng­ucap­­kan terimakasih ke­pada Mendes PDTT atas kunjungannya dalam rang­­ka memantau kesia­pan proses pembangunan Embung Ambio Tarantang Panjang yang nantinya juga akan dijadikan se­bagai perairan untuk me­majukan perekonomian masyarakat. “Kami meng­ucapkan terima kasih ke­pada gus menteri yang te­lah bersedia mengunjungi daerah Padangpariaman dimana dengan adanya pembangunan embung ini akan menghidupkan per­airan yang nantinya juga berfungsi untuk mengairi sawah masyarakat di­mana notabenenya ma­sya­rakat Padang­paria­man bekerja sebagai pe­tani, semoga dengan ada­nya embung ini dapat meng­geliatkan pere­kono­mian masyarakat. Dan besar harapan kita, se­moga lima embung yang direncanakan akan di­bangun pada beberapa wak­tu lalu dapat terea­lisasikan,” ujarnya.

Sementara Mendes PDTT  A. Halim Iskandar mengatakan keberadaan Kementerian Desa PDTT yakninya bertugas untuk pemulihan ekonomi nasio­nal level desa dimana kunci pemulihan harus digerakan di desa fokus pada desa wisata, Badan  Usaha Milik Nagari dalam upaya percepatan penu­runan kemiskinan di desa. “Penurunan kemiskinan ekstrem dimulai pada 7 provinsi 5 kabupaten 5 kecamatan dan desa ter­miskin se-Indonesia dan ditargetkan pada tahun 2024 kemiskinan di Indonesia berada pada titik nol,” ujarnya.

Konsep utama pe­muli­han ekonomi yakninya meng­­gerakan ekonomi de­sa dengan prinsip penu­ruan kemiskinan pengu­rangan pengeluaran. Oleh karenanya diperlukan pen­dirian BUMNAG de­ngan syarat  jangan sam­pai mengganggu usaha yang telah dijadikan mata pen­ca­harian masyara­kat,” te­rang­nya Mendes PDTT. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional