Close

Elly Trisyanti Serahkan 6 Betor di Kota Padang, Warga Diminta bisa Memilah Sampah Rumah Tangga

PENYERAHAN BETOR SAMPAH— Anggota DPRD Kota Padang Elly Trisyanti menyerahkan 6 unit betor sampah kepada Kepala DLH Mairizon, dan selanjutnya diberikan kepada warga di Batu Gadang, Bandar Buat, Batuang Taba, Gurun Laweh, Senin (21/3).

PADANG, METRO–Anggota DPRD Kota Pa­dang Elly Trisyanti menyalurkan 6 becak motor (betor) untuk dijadikan angkutan sampah di enam wila­yah daerah pemilihan (da­pil). Enam bentor tersebut merupakan usulan pokir dari dirinya selaku anggota DPRD Kota Padang.

“Kita menyalurkan enam buah bentor kepada enam daerah seperti, Batu Gadang, Bandar Buat, Batuang Taba, Gurun Laweh dan daerah lain. Bentor ini diharapkan dapat dimanfaatkan warga masyarakat dalam pengolahan sampah di wilayah mereka,” ucapnya, saat penyerahan betor di di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang,  Senin (21/3).

Elly Trisyanti  menjelaskan Pemko Padang akan mengeluarkan Perda tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup yang sangat terkait dengan sampah. “Kita berharap kepada DLH untuk lebih mengoptimalkan Perda 21 tahun 2012 dan melakukan pengolahan sampah yang lebih baik. Saat ini sampah di Kota Padang 550 ton/hari, apalagi Padang juga membutuhkan TPA baru karena TPA Air Dingin tidak maksimal lagi dalam menampung sampah yang ada di Pa­dang,” tambahnya.

Ia meminta warga ke depannya dapat melakukan pemilahan sampah, sehingga sampah dapat menjadi nilai ekonomis yang bermanfaat bagi keluarga.

“Kita meminta UMKM, organisasi masyarakat yang menggeluti daur ulang sampah, agar menge­dukasi war­ga Kota dari hulu untuk me­lakukan pemilahan sampah. Hal ini bertujuan agar sampah yang ada juga mem­punyai nilai ekonomi terhadap keluarga,” ucapnya.

Kepala DLH Kota Pa­dang, Mairizon dalam ke­sempatan tersebut menyampaikan juga, selama ini Pemko Padang fokus akan penanganan sampah yang ada di tengah warga kota.

“Pada saat ini dengan adanya bentor untuk mengumpulkan sampah warga, diharapkan telah dilakukan pemisahan sampah oleh warga,” ucapnya.

DLH Kota Padang menyalurkan sebanyak 50 unit bentor yang merupakan hasil pokir dari anggota DPRD Padang yang akan disalurkan ke masyarakat. Dengan hadirnya bentor ini, diharapkan adanya peranan masyarakat dalam pengolahan sampah.

“Dengan adanya bentor ini, kita berharap sampah berkurang di TPS yang telah disiapkan pemerintah,” tutupnya. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top