Menu

Ekspor Manggis Sumbar Meningkat di Masa Pandemi

  Dibaca : 117 kali
Ekspor Manggis Sumbar Meningkat di Masa Pandemi
SERTIFIKASI— Petugas karantina Pertanian Padang saat melakukan sertifikasi manggis yang akan diekspor.

PADANG, METRO
Meski dalam situasi pandemi Covid-19, geliat ekspor buah manggis di Sumatra Barat malah meningkat tajam. Akses transportasi yang terbatas di masa pandemi ini tidak menjadi pengalang bagi eksportir untuk terus mengekspor buah Manggis ke negara tujuan.

“Tidak tanggung-tanggung, eksportir bahkan ada yang menyiapkan transporasi sendiri dengan menyewa pesawat cargo langsung ke negara tujuan ekspor,” ujar Iswan Haryanto, Kepala Karantina Pertanian Padang, Rabu (3/2).

Dikatakannya, mulai awal tahun sampai 31 Januari 2021, Karantina Pertanian Padang sudah mensertifikasi ekspor manggis dengan volume sebanyak 547.944,5 kg dengan nilai 32,88 milyar rupiah.

Terakhir pada tanggal 1 Februari yang lalu Karantina Pertanian Padang kembali memeriksa komoditas manggis yang akan diekspor ke Cina sebanyak 28.875 kg dengan nilai Rp 1,73 miliar.

“Dibandingkan awal tahun lalu Januari 2020, terjadi peningkatan ekspor buah manggis sebesar 45,7 persen di Januari 2021. Di awal tahun 2020 berdasarkan data IQFAST sertifikasi ekspor manggis yang sudah dilakukan Karantina Pertanian Padang sebesar 376.137 kg dengan nilai 16,9 miliar rupiah”sebutnya.

Peningkatan jumlah ekspor ini kata Iswan Haryanto, menjadi bukti bahwa gerakan tiga ekspor di Sumatera Barat dapat tercapai bahkan melebihi target yang sudah ditetapkan.

“Selain itu diharapkan, dengan adanya peningkatan ekspor manggis dapat menjadi motivasi bagi petani dan pelaku usaha pertanian. Sehingga kesejahteraan dan pergerakan ekonomi di Sumatera Barat juga meningkat,” tuturnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional