Menu

Eks Sekjen PFI Munarman Ditangkap Densus 88

  Dibaca : 100 kali
Eks Sekjen PFI Munarman Ditangkap Densus 88
DITANGKAP— Eks Sekjen FPI dan Pengacara Rizieq Shihab, Munarman ditangkap oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri. Dia diduga terlibat dalam baiat teroris di tiga kota.

JAKARTA, METRO
Eks Sekjen Front Pembela Islam (FPI) dan juga pengacara Habib Rizieq Shihab, Munarman ditangkap Densus 88 Antiteror Polri lantaran diduga terlibat dalam kegiatan baiat teroris di tiga kota. Munarman ditangkap di rumahnya di kawasan Modern Hills, Cinangka Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa sore (27/4) sekitar pukul 15.30 WIB.

Selain melakukan penangkapan terhadap Munarman, Densus 88 Antiteror Polri juga sudah mendatangi eks markas FPI di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat. Namun, belum diketahui hasil penggeledahan di lokasi tersebut.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, munarman diduga menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme, bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme dan menyembunyikan informasi tentang tindak pidana terorisme

“Ditangkap terkait baiat di UIN Jakarta, kemudian juga kasus baiat di Makassar, dan mengikuti baiat di Medan,” jelas Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/4).

Ramadhan menuturkan penangkapan dilakukan sekitar pukul 15.00 WIB. Ramadhan juga menyebut Densus 88 Antiteror menggeledah eks markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat. “Penangkapannya dilakukan kurang-lebih pukul 15.00 WIB, dan saat ini sedang dilakukan penggeledahan di Petamburan,” tutur Ramadhan.

Ramadhan kemudian menyampaikan saat ini Munarman sedang dibawa ke Polda Metro Jaya. Penangkapan Munarman, disebut Ramadhan, merupakan hasil pengembangan dari penangkapan teroris sebelumnya.

“Sekarang dalam proses dibawa ke Polda Metro Jaya. (Dasar penangkapan Munarman) tentunya dari beberapa penangkapan teroris sebelumnya,” ucap dia.

Ramadhan kemudian menyebut kegiatan baiat yang melibatkan Munarman berkiblat ke ISIS. “Baiatnya kalau Makassar (ke) ISIS. Kalau Jakarta belum kami terima, Medan juga belum,” jelas dia.

Sementara, Pengacara Munarman, Aziz Yanuar juga membenarkan penangkapan ini. Saat ini dia masih mendampingi Munarman. “Iya ini lagi kita dampingi,” ujar Aziz.

Kendati demikian, Aziz belum berkata banyak. Dia hanya membenarkan adanya penangkapan kepada eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) itu.

Namun, Azis Yanuar menyampaikan bahwa pihaknya telah memutuskan membawa peristiwa penangkapan Munarman ke proses hukum di meja pengadilan. Dia menyebut pihaknya akan mengajukan praperadilan. “Kita akan praperadilan,” ujar Azis.

Kendati demikian, Azis tak menyebut secara rinci kapan pendaftaran praperadilan itu akan dilakukan oleh tim kuasa hukum. Akan tetapi, dia mengisyaratkan bahwa upaya hukum lebih lanjut akan tetap ditempuh.

Dibawa ke Rutan Narkoba, Mata Ditutup Kain
Eks Sekjen FPI dan Pengacara Rizieq Shihab, Munarman telah tiba di Rumah Tahanan (Rutan) Narkoba Polda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa malam (27/4). Dia datang dikawal ketat oleh penyidik Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Munarman tiba menggunakan mobil Toyota Innova warna putih. Dia tampak memakai baju koko wana putih, dibalut bawahan sarung warna hijau. Munarman digandeng erat oleh penyidik. Matanya ditutup dengan kain hitam.

Sedangkan tangannya diborgol. Tidak ada sepatah katapun yang dikeluarkan Munarman. Munarman dituntun masuk oleh dua orang polisi menuju ke pintu masuk Rutan Polda Metro Jaya.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengkonfirmasi Munarman ditempatkan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya.

“Ditahan di Narkoba Polda Metro Jaya,” singkat Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (27/4). (jpg)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional