Close

Ekonomi Akibat Dampak Covid 19, Peluang Digitalisasi Terobosan untuk Pemulihan Ekonomi di Kota Solok

Wali Kota Zul Elfian mengikuti vidcon dalam melahirkan berbagai langkah untuk pemulihan ekonomi dengan BI.

WALI Kota Solok, Zul Elfian menilai butuh usaha keras dalam membangkitkan dan pemulihan eko­nomi di daerah akibat pusaran pandemi Covid-19. Khu­susnya di Kota Solok dampak pandemi Covid 19, juga telah memukul ber­bagai sektor ekonomi ma­syarakat.

Untuk itu, Pemko Solok sangat mendukung ber­bagai upaya dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi daerah. Ketika mengikuti Vidcon bersama Bank Indonesia (BI) melalui Bank Indonesia Institute (BII), Zul Elfian berharap ada beberapa stra­tegi dan dukungan dalam memilihkan ekonomi dae­rah.

Dengan mengangkat tema ‘Penguatan Resi­lien­ce dan Percepatan Pe­mulihan Ekonomi’ dinilai relevan dengan dinamika lingkungan strategis di era digital dan new normal.

Begitu juga dalam u­paya mencari terobosan guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah Zul Elfian juga mengikuti Video Conference (Vicon) Economic Leadership for Regional Leader (REL) Khu­sus, di E-Gov Monito­ring Room Balaikota Solok, Senin (1/11).

Turut hadir, Kepala Ba­gian Perekonomian Setda Kota Solok, Milda Murniati, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Solok, Nurzal Gus­tim. Vicon tersebut, terhubung dengan seluruh kepala daerah dan ke­tua DPRD seluruh Indonesia.

Adapun topik dalam vicon tersebut yakni  ideasi pivot sektoral dan peluang digitalisasi, alternatif pe­mikiran dan pembiayaan ekonomi baru, mencari terobosan dalam percepatan pemulihan ekonomi, serta sharing pengalaman inovasi teknologi digital di daerah.

Pemateri pada kesempatan itu, Peneliti Inventure, Yuswohadi mengenai kondisi Post-Pandemic dan Pivot Sektoral sebagai sa­lah satu alternatif percepatan pemulihan ekonomi. Selanjutnya, Akademisi, Prof. Rhenald Kasali tentang Regional Post-Pandemic Economic Re­s­ilien­ce.

Bagi Kota Solok sendiri diakui Zul Elfian memang butuh dukungan dari bah­yak pihak dalam memulihkan perekonomian daerah. Apalagi Kota Solok yang warganya banyak bergerak dibidang perdagangan dan jasa, cukup terpukul akibat dampak pandemi Covid 19.

Kondisi ini juga terasa di sektor lain terutama sektor yang tengah diupayakan pengembangannya oleh pemerintah seperti sektor pariwisata. Namun untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi da­erah, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah daerah. Untuk itu dukungan dari berbagai pihak dan pemerintah pusat melalui berbagai program sangat dibutuhkan. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top