Menu

Eka Putra: Pandemi Tantangan Besar Kita Semua

  Dibaca : 64 kali
Eka Putra: Pandemi Tantangan Besar Kita Semua
SAKSIKAN—Bupati Tanahdatar Eka Putra saksikan proses vaksin.

TANAHDATAR, METRO— Pandemi Covid-19 yang melanda saat ini menjadi tantangan besar bagi se­mua pihak termasuk pe­me­rintah daerah untuk terus berupaya mening­katkan derajat kesehatan masyarakat, di samping penerapan Protokol Kese­hatan (Prokes) dengan disiplin juga ditunjang de­ngan vaksinasi.

Hal ini disampaikan Bu­pati Tanah Datar Eka Putra saat Pencanangan Pelak­sanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil di Kabu­paten Tanah Datar, Kamis (19/8) di UPT. Puskesmas Tanjung Emas.

”Upaya yang dilakukan dalam memutus dan meng­hilangkan Covid-19 tidak hanya dengan penerapan Prokes saja, namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif, di mana salah sa­tunya adalah vaksinasi ba­gi ibu hamil. Ini dalam rang­ka melindungi ibu ha­mil da­ri infeksi Covid-19.” ujar Eka.

Dikatakan Bupati Eka Putra, ibu hamil meru­pakan salah satu kelompok rentan terhadap penularan Covid-19, sesuai edaran Dirjen P2P Kementerian Kesehatan RI tentang Vak­sinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil, maka kelompok ini sudah bisa divaksinasi.

”Kesadaran ibu hamil yang dengan sukarela di­vak­sin hari ini tentu hen­daknya menjadi contoh bagi ibu hamil lainnya di Tanah Datar untuk segera ikut vaksinasi, tentu ini butuh dukungan semua pihak, baik itu pemerintah ataupun pihak swasta,” tukas Eka Putra.

Hal senada disam­pai­kan Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zendrianis, kebija­kan ini diatur dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Va­k­sinasi Covid-19.

”Surat Edaran Setjen Kemenkes RI mengin­struk­­sikan agar vaksin untuk ibu hamil segera diberikan terutama bagi daerah yang mempunyai kasus Covid-19 tinggi, dan pelaksanaan vaksin hari ini ibu hamil dari pela­yanan UPT Pus­kes­mas Padang Ganting, Pa­ga­ruyung dan Tanjung E­mas,” ujarnya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional