Close

Efisiensi Penyelenggaraan Pemerintah, Pemkab Padangpariaman Bersinergi dengan Kajati

PERESMIAN RJ— Bupati Padangpariaman Suhatri Bur bersama Kajati Sumbar Yusrondi meresmikan Rumah Restorative Justice (RJ) dipusatkan di Kantor Wali Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, terima kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Barat Yusrondi Hall IKK Padangpariaman. Dalam kunju­ngan kerja tersebut, Kajati Yusron yang didampingi Bupati Suhatri Bur, juga meresmikan Rumah Restorative Justice dipusatkan di Kantor Wali Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung.

Hadir bersama Bupati Suhatri Bur, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Da­erah (Forkopimda) Kabupaten Padang Pariaman. Ikut hadir mendampingi Bupati Sekda Rudy Repenaldi Rilis, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, dan camat se Padang Pariaman, beserta wali nagari Se Kecamatan Enam Ling­kung.

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyampaikan Pemkab Padangpariaman dalam pemba­ngunan segala aspek pemerintahan selalu bersinergi dengan Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat me­lalui Kejaksaan Negeri Pa­riaman.  Hal ini, katanya, untuk mengantisipasi se­kaligus menghilangkan ke­gamangan, keraguan bahkan ketakutan pada PNS dalam menjalankan kegiatan, khususnya yang memiliki risiko hukum cukup besar.

Namun katanya, dengan kerjasama yang baik antara Kejaksaan Negeri Pariaman dengan Pemkab Padangpariaman telah me­lakukan berbagai hal untuk efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Seperti da­lam hal fasilitasi penanganan perkara di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang meliputi penegakan hukum, bantuan hukum, pelayanan hukum dan pertimbangan hukum dari Kejaksaan Negeri Pariaman. “Alhamdulillah kondisi keamanan, ketertiban dan ketentraman ma­sya­rakat Kabupaten Padangpariaman cukup kondusif, karena jalinan mitra kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan unsur For­kopimda serta seluruh sta­keholder yang tergabung di Padangpariaman sangat baik,” ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Suhatri Bur sangat menga­presiasi peresmian Rumah Restorative Justice yang digagas jajaran kejaksaan ini. Dan dia berharap, de­ngan didirikannya Rumah Restorative Justice di seluruh kecamatan di Padangpariaman, dapat membantu masyarakat dalam me­nyelesaikan permasalahan hukum di daerahnya ma­sing-masing, diselesaikan secara musyawarah, mufakat, dan mengutamakan perdamaian dari setiap penyelesaian perkara ri­ngan di masyarakat. “Saya sangat berharap Rumah Restorative Justice ini dapat memfasilitasi dan mem­berikan peluang bagi masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan hukum dengan perkara ri­ngan, sehingga bisa kem­bali dipulihkan menjadi keadaan semula,” ulas­nya.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top