Menu

Efek Corona, Pembangunan Banyak Ditunda

  Dibaca : 368 kali
Efek Corona, Pembangunan Banyak Ditunda
Medi Iswandi

AIAPACAH, METRO
Akibat wabah Covid-19, Pemko Padang terpaksa melakukan refocusing anggaran pada tahun ini. Banyak agenda pembangunan yang ditunda dan terpaksa dilaksanakan pada 2021.

“Kalau kita hitung, banyak sekali kegiatan pembangunan yang tak bisa terlaksana. Karena anggarannya dialihkan untuk penanganan Covid-19,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Padang, Medi Iswandi, Jumat (19/6).

Ia menyebutkan, total anggaran yang direfocusing untuk Covid-19 adalah senilai Rp196 miliar. Semuanya diambilkan dari APBD Padang. Sementara proyek dari dana alokasi khusus (DAK) tetap terlaksana.

Medi mengungkapkan, agenda pembangunan yang ditunda itu adalah, rehab sekolah, pembangunan ruang sekolah baru, sejumlah pembangunan jalan, pembangunan kantor DPRD, rehab dan perbaikan Masjid Agung Nurul Iman, jalan tembus dari Kurao Pagang ke Bypass serta sejumlah agenda lainnya.

Semua agenda pembangunan itu terang Medi, direncanakan akan dilaksanakan di tahun 2021. Sebab anggarannya saat ini dialihkan untuk penanganan Covid-19. Mulai dari pengadaan rumah sakit khusus Covid-19, membuat dan mengoperasionalkan pos-pos cek poin di setiap perbatasan, pemberian bantuan langsung tunai (BLT) sebanyak dua tahap, pengadaan peralatan kesehatan, masker, dan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

Medi menjelaskan, dari sejumlah kegiatan penanganan Covid-19, yang menyedot anggaran paling besar adalah BLT. Dimana, kata Medi, satu trip BLT memakan anggaran Rp44 miliar. Tercatat ada sebanyak 74.126 kepala keluarga (KK) yang menerima BLT dari dana APBD Padang ini.

Sementara itu, di bidang pendidikan, ada 500 pembangunan ruang kelas baru (RKB) yang pupus dikerjakan tahun ini. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang, Habibul Fuadi mengatakan, anggaran pembangunan RKB sebesar Rp100 miliar harus direfocussing pada saat pandemi ini. Seluruh anggaran tersebut difokuskan mengatasi Covid-19. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional