Menu

Edukasi dan Sosialisasi Ekonomi Syariah, Ketum MES Sumbar Mahyeldi dan Dirut Bank Nagari M Irsyad Tanda Tangan Kerja Sama

  Dibaca : 136 kali
Edukasi dan Sosialisasi Ekonomi Syariah, Ketum MES Sumbar Mahyeldi dan Dirut Bank Nagari M Irsyad Tanda Tangan Kerja Sama
MOU EDUKASI— Dirut Bank Nagari M Irsyad dan Ketua Umum MES Sumbar Mahyeldi menunjukkan dokumen MoU edukasi dan sosialisasi ekonomi Syariah, Selasa (12/1) di Kantor Pusat Bank Nagari Jalan Pemuda Padang.

PADANG, METRO
Selasa (12/1) menjadi langkah besar dalam pergerakan ekonomi syariah di Sumatra Barat. Hal ini ditandai dengan pertemuan dan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar atau Bank Nagari dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumbar.

Kerja sama yang digagas bersama ini ditujukan untuk meningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat terhadap ekonomi syariah, khususnya produk dan layanan perbankan syariah. Hal ini juga selaras dengan persiapan Bank Nagari dalam menindaklanjuti amanah RUPS LB tentang perubahan kegiatan usaha dari Bank Konvensional menjadi Bank Umum Syariah.

MES Sumbar berkomitmen membantu pelaksanaan sosialisasi dan edukasi perbankan syariah yang saat ini menjadi kebutuhan mendasar dalam mempercepat progres pemahaman masyarakat dan juga nasabah Bank Nagari terkait perubahan pola bisnis yang akan dilaksanakan oleh Bank Nagari.

Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad didampingi Direksi lainnya yaitu Syafrizal (Direktur Operasional), Gusti Candra (Direktur Kredit dan Syariah), Sania Putra (Direktur Keuangan) dan Restu Wirawan (Direktur kepatuhan), menyampaikan keseriusan dan komitmen seluruh manajemen Bank Nagari dalam mempersiapkan proses perubahan Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah.

“Kita sudah menjalankan proses sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam aksi korporasi bank, mulai dari pembekalan pelatihan kepada seluruh pegawai, mapping produk, diversifikasi produk, kesiapan core banking system sampai kepada edukasi dan literasi perbankan syariah kepada seluruh Nasabah. Insya Allah dengan dukungan bersama, baik masyarakat, nasabah, organisasi kemasyarakatan dan juga pemegang saham, proses-proses yang sedang dijalankan saat ini bisa berjalan sebagaimana mestinya,” kata M Irsyad dalam pertemuan di Kantor Pusat Bank Nagari Jalan Pemuda.

M Irsyad menyampaikan harapan kepada Ketua Umum MES Sumbar H Mahyeldi Ansharullah SP agar ikut berperan aktif dalam proses sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat semakin banyak menggunakan bank syariah dalam aktifitas usaha maupun kebutuhan transaksi keuangan. “Bank Nagari dalam hal ini, siap melayani melalui Unit Usaha Syariah di seluruh Kantor Layanan yang ada di Sumatra Barat,” kata alumni Fakultas Pertanian Unand ini.

Sekretaris Umum MES Sumbar H Ahmad Wira juga mengungkapkan komitmen yang tinggi dari MES dalam mendukung program-program pengembangan ekonomi syariah yang sedang dijalankan oleh bank Nagari. Yaitu, di samping program sosialisasi dan edukasi bersama juga akan disinergikan program pengembangan Wakaf yang sedang dilaksanakan oleh MES sebagai langkah konkrit pengembangan ekonomi umat.

“MES Sumbar akan mengandeng Bank Nagari untuk menggerakkan potensi-potensi penerimaan wakaf dari seluruh elemen masyarakat, bisa berupa asset maupun wakaf uang,” kata Ahmad Wira.

Ketua Umum (Ketum) MES Sumbar Mahyeldi didampingi oleh jajaran pengurus MES Sumbar lainnya, menyampaikan MES siap menjadi garda terdepan dalam mengkampanyekan dan menggerakkan ekonomi syariah di Sumbar. Tentunya dengan rencana konversi yang sedang dilaksanakan oleh Bank Nagari akan menjadi kekuatan besar bagi rencana tersebut.

“MES menyiapkan Tim khusus untuk mengawal proses edukasi dan sosialisasi yang akan dilaksanakan secara intensif ke masyarakat. Gunanya untuk menyampaikan progres konversi Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi menyampaikan beberapa program penguatan, di antaranya membentuk kepengurusan MES di Kabupaten/Kota lainnya. Mendorong pengusaha yang ada di Sumatra Barat maupun diluar Sumatera Barat untuk lebih memanfaatkan Bank Syariah. Memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada masyarakat dengan mendirikan atau membuka tempat konsultasi (syariah centre).

“Selanjutnya MES mendorong Bank Nagari untuk bersinergi dengan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Sumbar. Mendorong Bank Nagari untuk memanfaatkan edukasi baik secara tatap muka maupun secara virtual kepada masyarakat maupun melalui komunitas-komunitas tertentu,” kata Wali Kota Padang itu.

Contohnya, katanya, seperti majelis taklim, kelompok pengajian ibu-ibu, termasuk dengan komunitas Saudagar Minang. “Semoga ekonomi syariah berjalan baik di Sumbar,” kata Mahyeldi yang menyerahkan secara simbolis Tim Edukasi MES yang akan bersinergi dengan Tim Edukasi Bank Nagari. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional