Close

Edi Busti Resmi Jabat Sekda Agam, Bupati: Semangat Baru Mewujudkan Kemajuan dan Kesejahteraan

FOTO BERSAMA— Bupati Agam Dr H Andri Warman MM dan Wakil Bupati Irwan Fikri SHberfoto bersama usai pelantikan Drs. H. Edi Busti MSi sebagai Sekda Agam.

DiAWALI dengan proses seleksi terbuka pada 19 Oktober 2021 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam akhirnya memiliki pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Bertempat di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Bupati Agam Dr H Andri Warman MM melantik Drs H Edi Busti MSi sebagai Sekda Agam, Jumat (3/12).

Pelantikan ditandai dengan pengu­capan sumpah jabatan dan penandata­nganan pakta integritas. Prosesi tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Agam Irwan Fikri Dt Par­pa­tiah SH, unsur Forko­pim­da plus, Kepala SKPD, Camat se-Kabu­paten Agam, tokoh ma­syarakat serta tamu un­dangan lainnya.

Bupati Agam Andri Warman mengatakan, atas nama pribadi, pemerintah daerah dan masyarakat Agam mengucapkan sela­mat kepada Edi Busti yang baru saja mengucapkan sumpah serta dilantik se­bagai Sekda Agam. “Se­mo­ga amanah yang telah diberikan ini dapat me­num­buhkan motivasi dan semangat baru untuk bekerja serta berkarya yang lebih baik, penuh tanggung jawab dalam melaksanakan pengabdian untuk mewujudkan kemajuan dan kesejah­teraan masyarakat Kabupaten Agam,” ucap bupati.

Andri Warman mengung­kapkan, terimakasih atas de­dikasi Ir Jetson MT yang telah me­mangku jabatan sebagai pe­n­jabat Sekda Agam mulai sejak 25 Oktober 2021 sampai de­ngan dilantiknya Sekda yang definitif sekarang ini.

Pada kesempatan itu, Bupati menekankan, proses pelantikan dilaksanakan karena Sekda Agam sebelumnya Drs Martias Wanto MM pindah tugas ke Kota Bukittinggi terhitung, 8 Oktober 2021 lalu. Kondisi ini menye­babkan terjadinya kekosongan jabatan Sekda Agam.

Penetapan Sekda ini menurutnya, telah melewati proses yang panjang dan sistematis sesuai ketentuan yang berlaku. Yakni melewati proses seleksi terbuka, seleksi kompetensi, serta pengusulan 3 calon terpilih. Konsultasi dan koordinasi dengan Gubernur Sumbar dan Rekomen­dasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Bupati Andri Warman mengharapkan, agar ASN Pemkab Agam segera berkola­bo­rasi dengan pejabat Sekda yang baru guna melakukan akselerasi penyeleng­garaan pelayanan kepada masyarakat. Ditegaskan, Sekda harus menjadi garda terdepan dalam menjalan fungsi pemerin­tahan sebagai pelayan, motor pemba­ngunan dan pemberdayaan masyarakat, harus melayani bukan dilayani.

“Selain sebagai penggerak jalannya pemerintahan dan pembangunan di daerah, Sekda juga harus mampu berpe­ran sebagai seorang koordinator, regulator, fasilitator, evaluator dan inspirator sekaligus motivator bagi seluruh jajaran­nya,” ucap bupati. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top