Close

Duta GenRe 2022 Didorong Perkuat Ketahanan Remaja di Kabupaten Agam 

Bupati Agam melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Agam Edi Busti mendorong Duta Generasi Berencana (GenRe) 2022 untuk memperkuat ketahanan remaja di daerah itu.

AGAM, METRO–Bupati Agam melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Agam Edi Busti  mendorong Duta Generasi Berencana (GenRe) 2022 untuk memperkuat ketahanan remaja di daerah itu. Hal itu disampaikan saat membuka Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Agam di Aula Bappeda Agam, Minggu (6/3). Menurut sekda, laju tek­nologi dan informasi menjadi tantangan tersendiri bagi remaja. Sehingga, Duta GenRe diharapkan bisa menjadi panutan dan benteng remaja masa kini.

“Laju teknologi dan informasi mebuat anak dan remaja bisa mengkonsumsi apa saja di dunia maya, termasuk konten negatif, inilah yang menjadi tantangan para duta kedepan,” ujar Edi Busti  .

Duta GenRe 2022 juga diharapkan mampu me­ngedukasi remaja untuk menghindari pernikahan dini. Menurutnya, pernikahan di usia yang belum matang kerap bermuara pada kegagalan membangun rumah tangga. “Selain itu pernikahan di usia dini juga berdampak pada kesehatan reproduksi dan peningkatan angka stunting,” ujar Edi Busti.

Disebutkan Edi Busti  , penurunan kasus stunting menjadi salah satu fokus dari Pemerintah Kabupaten Agam. Sehingga ia mengajak para duta berkolaborasi dalam mengatasi persoalan stunting.

Sekda juga mendorong Duta GenRe 2022 untuk mengajak generasi muda agar menghindari perilaku freesex, LGBT dan perilaku negatif lainnya. Menurutnya perilaku negatif dapat dihindari dengan cara merencanakan masa depan dengan baik. Sehingga, ketahanan remaja sangat penting untuk dibangun. “Semoga remaja Agam akan siap menyongsong Indonesia Emas 2045 dan era 5.0,” ucap Edi Busti  .

Sementara itu, Plt Dinas Dalduk KB PP dan PA Arianti menyebut pemilihan Duta GenRe merupakan ajang pembentukan karakter pa­da remaja. Melalui ajang ini, akan dipilih duta yang akan menjadi contoh ba­gaimana remaja harusnya bersikap. “Melalui ajang ini akan dilakukan peningkatan kapasitas dan kreativitas remaja dalam menghadapi bonus demografi,” kata Arianti.

Selain itu, para duta yang terpilih nantinya juga akan didorong untuk percepatan penanggulangan kasus stunting di Kabupaten Agam, maupun di provinsi. “Pasangan yang terpilih hari ini akan menjadi perwakilan Kabupaten Agam di tingkat provinsi,” ujar Arianti. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top