Menu

Duplikatkan Kunci, Karyawan Gasak Kantor Sendiri

  Dibaca : 268 kali
Duplikatkan Kunci, Karyawan Gasak Kantor Sendiri
Ilustrasi

PADANG, METRO – Sedang asik melakukan pencurian voucher kuota di tempat kerjanya sendiri, pemuda berbadan kurus ini dipergoki oleh karyawan lain. Peristiwa itu tejadi di kantor PT. Ceria Seluler Padang yang merupakan distributor operator Tri Jalan Beringin V, Kelurahan Lolong Balanti, Kecamatan Padang Utara, Minggu (13/1) sekitar pukul 07.00 WIB.

Parahnya, untuk melancarkan aksi pencurian di tempat kerjanya itu, pelaku, Fauzi Asbullah (26), warga Jalan Perjuangan IV, Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo ini sengaja menggandakan kunci kantor dan kemudian mengambil ratusan voucher kuota paket data untuk dijualnya kembali.

Aksi pencurian itu, sudah dilakukan pelaku sebanyak tiga kali sejak 24 Desember 2018 lalu. Selama melakukan aksi pencurian, pelaku sudah membawa kabur 621 voucher Tri. Sehingga pemilik mengalami kerugian Rp12,5 juta. Namun, pada aksi yang ketiga inilah, pelaku tertangkap tangan dan kemudian diserahkan ke Polsek Padang Utara untuk diproses hukum.

Informasi yang dihimpun, ditangkapnya pelaku berawal rekan kerja pelaku bernama Indra mendatangi kantor untuk mengambil helem nya yang ketinggalan. Setiba di kantor, saat hendak membuka pintu, Indra mendapati pintu kantor terkunci dari dalam dan Indra mendengar ada seseorang berada di dalam kantor.

Curiga telah terjadi kemalingan, Indra kemudian menyenter ke arah bangian dalam melalui kaca depan kantor dan ternyata melihat pelaku Faizi sedang berada di dalam kantor. Padahal keberadaan pelaku disana tanpa seizin dari pemilik dan apalagi pada hari Minggu semua karyawan libur.

Selain itu, Indra juga mendapati pelaku sedang menyusun voucher-voucher yang disimpan disana untuk dibawa kabur. Saat itu juga Indra meminta bantuan kepada warga sekitar dan mengepung kantor tersebut. Karena sudah terdesak, pelaku akhirnya menyerahkan diri dan mengakui perbuatannya.

Tidak terima atas apa yang telah dilakukan pelaku, pihak kantor kemudian melaporkan kepada Polsek Padang Utara kalau ada pelaku pencurian yang telah diamankan. Tak lama berselang, petugas Polsek Padang Utara tiba di lokasi dan langsung mengamankan pelaku bersama barang bukti.

Kapolsek Padang Utara, Kompol Zulkafde mengatakan aksi pencurian ini dilakukan oleh karyawan di kantor tersebut. Pelaku melakukan aksinya dengan cara menduplikatkan kunci kantor dan kemudian mencuri ratusan voucher yang ada di dalam kantor distributor operator Tri.

”Pelaku bekerja disana dan kemudian menduplikatkan kunci kantor. Dari hasil pemeriksaan, pelaku sudah melakukan aksinya sebanyak tiga kali. Aksi pertama dan kedua pelaku berhasil menjalankan aksinya. Sedangkan yang ketiga, dipergoki oleh rekan kerja pelaku,” kata Zulkafde.

Kompol Zulkafde menjelaskan pihaknya saat ini masih melakukan pengembangan kasus untuk mengungkap kemana pelaku menjual voucher paket data yang dicurinya itu. Namun dari pengakuan pelaku, voucher itu dijual ke konter-konter yang ada di Kota Pasang. Atas kejadian ini, pemilik mengalami kerugian belasan juta.

“Pelaku saat ini sudah kita amankan di sel tahanan Polsek. Pelaku sudah mengakui perbuatannya. Kita akan segera melengkapi berkas perkaranya. Terhadap pelaku akan kita jerat pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman lima tahun kurungan penjara,” pungkasnya. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional