Close

Duo Penghargaan UI Green Metric untuk Wako Hendri Septa

TERIMA PENGHARGAAN— Wali Kota Padang Hendri Septa menerima dua penghargaan dari Universitas Indonesia.

JAKARTA, METRO–Berselang satu hari, setelah menerima peng­hargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingku­ngan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Wali Kota Padang Hendri Septa kembali menerima penghargaan. Kali ini, penghargaan didapat Hendri Septa dari Universitas Indonesia (UI).

Tak tanggung-tang­gung, pada kali kedua ini, Wako Hendri Septa men­dapat dua penghargaan sekaligus. Adapun dua penghargaan yang dite­rima adalah Anugerah Ko­ta Paling Berkelanjutan Dalam Bidang Tata Kelola Air di Indonesia. Juga, peringkat ke-3 Kota Paling Berkelanjutan dari total 34 peserta UI Green Metric.

Dua penghargaan di­raih dalam balutan acara “Anugerah UI Green City Metric Rangking’s 2022″ diterima langsung oleh Wali Kota Padang dari Sek­retaris Universitas Indonesia dr Agustin Kusuma­yanti, MSc, Ph.D didam­pingi Ketua UI Green Metric Prof Dr Riri Fitri Sari, di Balai Sidang Universitas In­do­nesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis (21/7).

“Alhamdulillah wa­syu­kurillah, Kota Padang kem­bali menerima penghar­gaan. Saya tidak menyang­ka mendapat dua penghar­gaan sekaligus. Atas nama Pemerintah Kota Padang kami ucapkan terima kasih buat warga Kota Padang. Penghargaan ini saya per­sembahkan buat warga Kota Padang,” ucap Wako Hendri Septa.

Hendri Septa menam­bahkan, Kota Padang me­miliki banyak sungai. Lima diantaranya adalah sungai besar dan enam belas su­ngai kecil. Dengan adanya penghargaan ini tentunya akan menambah sema­ngat dari Pemerintah dan warga Kota Padang untuk mengelola dan menjaga sungai ini dengan baik, sehingga tidak menim­bulkan dampak buruk bagi lingkungan hidup.

“Sekali lagi kami ucap­kan terima kasih kepa­da masyarakat Kota Pa­dang yang telah menjaga lingku­ngan dengan baik. Kami ucapkan juga terima kasih kepada tim penilai UI yang telah menganugerahkan penghargaan ini buat Kota Padang. Insha Allah per­har­gaan ini akan kami jaga dan akan kami tingkatkan lagi,” pungkas Wako Hen­dri Septa didampingi Ka­bag Prokopim Amrizal Reng­ganis.

Sementara itu, Ketua UI Green Metric Prof Dr Riri Fitri Sari, dalam proses penilaian penghargaan UI Green Mentric memper­hatikan enam aspek uta­ma. Yakni, Bidang Penataan Ruang dan Infrastruktur, Bidang Energi dan Peru­bahan Iklim, Bidang Tata Kelola Limbah dan Sam­pah, Bidang Tata Kelola Air, Bidang Akses dan Mobi­litas, serta Bidang Tata Pamong di Indonesia.

“Melalui penilaian ini kita semua tentu berharap kota/kabupaten kita bisa menjadi contoh untuk tata kelola lingkungan berke­lanjutan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon me­ngatakan, evaluasi untuk penilaian penghargaan ini telah dilakukan sejak bulan Februari 2022 yang lalu. Evaluasi meliputi kriteria Penataan Ruang dan In­frastruktur, Energi dan Pe­rubahan Iklim, Tata Kelola Sampah dan Limbah, Tata Kelola Air, Akses dan Mo­bilitas, Tatapamong atau Governance. (*/tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top