Menu

Duo Koto Wujudkan Program Nagari Berbunga

  Dibaca : 105 kali
Duo Koto Wujudkan Program Nagari Berbunga
NAGARI BERBUNGA— Pemnag Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya Agam menggagas program penunjang keindahan dengan program Nagari Berbunga.

AGAM, METRO
Pemerintah Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, pada tahun 2021 menggagas sebuah program penunjang keindahan di lingkungan nagari. Program yang diwujudkan pada tahun ini bertemakan tentang Nagari Berbunga.

Walinagari Duo Koto, Joni Safri menyebutkan, program ini merupakan salah satu upaya untuk memperindah tampilan Nagari Duo Koto dengan menanam tanaman bunga di pinggir jalan. Sehingga dengan adanya tanaman tersebut, diharapkan dapat menjadi sebuah objek wisata baru bagi masyarakat sekitar.

Memang di Nagari Duo Koto sudah ada objek wisata Linggai Park yang dikelola oleh Pemkab Agam. Oleh karena itu, melalui program Nagari Berbunga ini diyakinkan akan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Duo Koto,” ujar Joni.

Dikatakan, program ini telah dimulai sejak awal tahun 2021. Di mana beberapa pekan lalu, pihaknya bersama unsur dasawisma, kepolisian, pemuda dan masyarakat telah melakukan gotong royong menanam bunga di setiap Jorong dalam rangka mewujudkan tampilan Nagari Berbunga. “Penanaman bunga sudah dilakukan sejak beberapa pekan terakhir. Kemudian, saat ini kita tinggal merawatnya agar dapat tumbuh dengan sempurna,” sebut Joni.

Ia menyebutkan, direncanakan pada lebaran Idul Fitri mendatang para perantau Nagari Duo Koto akan melaksanakan pulang basamo. Kendati adanya tanaman bunga di pinggir jalan tentu akan memukau perantau yang sudah lama tidak pulang kampung.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat terutama yang tinggal di pinggir jalan untuk menanam bunga di pekarangan rumah. Karena lebih baik menanam tanaman bermanfaat di lahan yang kosong daripada dibiarkan dipenuhi semak belukar,” ungkap Joni.

Disamping itu, kata Joni, penanaman bunga dan tumbuhan lain dipinggir jalan merupakan salah satu persiapan yang dilakukan menjelang penilaian Kampung Tageh Rumah Gadang. “Semuanya sudah kita siapkan. Tinggal penilaian saja lagi. Mudah-mudahan Nagari Duo Koto dapat meraih nilai yang baik,” jelas Joni. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional