Close

Dukung Upaya BNNK Perangi Narkoba, Pemko Payakumbuh Hibahkan Dana Puluhan Juta

SAMPAIKAN—Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh, Diva Surya Persada saat menyampaikan sambutan pada acara puncak Hani

KUBUGADANG, METRO–Mendukung upaya Badan Narkotika Nasional Kota (BN­NK) Payakumbuh dalam pen­cegahan dan Pemberantasan Narkoba, Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan hibah sebesar 50 Juta kepada lembaga yang kini dipimpin Febrian Jufril itu.

Pemberian Dana Hibah ter­sebu dilakukan secara simbolis oleh Walikota Payakumbuh melalui Asisten III, Ivon Satria Kepada Kepala BNNK Payakumbuh saat peringatan Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) tahun 2022 yang digelar di GOR. M. Yamin Kelurahan Balai Nan Tuo Kecamatan Payakumbuh Timur, Kamis (28/7)

Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh, Dipa Surya Per­sada saat memberikan sambutan menyebutkan bahwa pemberian dana hibah ke BNNK Payakumbuh diharapkan bisa terus mendukung upaya BNNK dalam mewujudkan Kelurahan Bersih Narkoba di Kota Payakumbuh. Pihaknya menyebutkan akan terus mendukung upaya yang dilakukan BNNK dalam mewujudkan generasi bebas dari Narkoba.

” Semoga pemberian hi­bah bisa meningkatkan upaya pencegahan dan pemberantasan Narkoba,  mari sama-sama kita ciptakan Payakumbuh bebas dari narkoba,” ucap mantan Sekretaris KPU Kota Payakumbuh itu.

Ketua LKAAM Kota Payakumbuh, YB. dt. Permato A­lam menyebutkan bahwa pen­cegahan dan pemberantasan Narkotika di Payakumbuh butuh peranan semua pihak, sebab tidak bisa dilakukan oleh BNN ataupun pihak kepolisian saja, namun butuh peran serta dan perhatian komponen masyarakat, termasuk tokoh adat, agama dan masyarakat.

” Untuk menyiapkan ge­nerasi muda bebas dari Nar­koba, tidak bisa dilakukan oleh BNNK dan Pemerintah dae­rah saja, namun butuh peran serta seluruh komponen ma­syarakat, termasuk tokoh adat, agama dan masyarakat. Kami terus menghimbau berbagai unsur masyarakat untuk lebih meningkatkan ke­pedulian dan perhatian agar anak kemenakan dan generasi muda tidak terjebak dan peredaran gelap maupun penyalahgunaan Narkoba,” ucap Mantan Ketua DPRD Payakumbuh itu.

Sementara Walikota Pa­yakumbuh dalam sambutannya mengatakan bahwa Pe­nyalahgunaan narkoba terbukti telah merusak masa depan bangsa dinegara ma­na­­pun. Daya rusaknya luar biasa, merusak karakter manusia, merusak fisik dan kesehatan masyarakat serta dalam jangka panjang berpotensi besar mengganggu daya saing dan kemajuan Bangsa, Dengan melihat daya rusak yang ditimbulkan.

Kejahatan narkoba ini di­golongkan dalam kejahatan luar biasa dan serius. Terlebih lagi, kejahatan narkoba bersifat lintas Negara dan terorganisir, sehingga menjadi ancaman nyata yang membutuhkan penanganan serius dan mendesak.

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) sebenarnya bukanlah sebagai bentuk mem­peringati hari ulang ta­hun berdirinya suatu lembaga narkotika tetapi merupakan hari peringatan oleh seluruh Bangsa dan Negara di dunia sebagai wujud keprihatinan untuk memberikan du­kungan, motivasi dan semangat kepada korban penyalahgunaan narkoba untuk dapat bangkit sehingga dapat pulih dan produktif sehingga hidup lebihbaik dan manusiawi.

Korban penyalahgunaan narkoba telah mengakibatkan banyaknya nyawa yang hilang akibat keganasan narkoba, dimana 30-40 orang meninggal perharinya karena narkoba. Peringatan HANI tahun 2022 di GOR M. Yamin yang menampilkan sejumlah kesenian tradisional itu juga dihadiri perwakilan Kelurahan Bersih Narkoba (BERSINAR), Kepala OPD, Tokoh Masya­rakat dan sejumlah tamu undangan. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top