Menu

Dukung Pembangnan Jalan Tol, Percepat Ganti Rugi Tanah

  Dibaca : 465 kali
Dukung Pembangnan Jalan Tol, Percepat Ganti Rugi Tanah
TINJAU— Bupati Padangpariaman Ali Mukhni saat melakukan peninjauan pembangunan jalan tol.

PDG.PARIAMAN,METRO
Tokoh masyarakat Nagari Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman Dt. Rajo Ameh menegaskan komitmennya mendukung penuh kelanjutan pembangunan jalan tol di sekitar kawasan Nagari Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman.

“Prinsipnya, saya mendukung 300 persen pembangunan ruas tol di Nagari Paritmalintang ini, tidak hanya seratus persen saja, begitu komitmen saya untuk mendukung terealisasinya pembangunan ruas tol di nagari ini,” ungkap Dt. Rajo Ameh, saat menerima kunjungan rombongan HKJT bersama Bupati Padangpariaman, Sekda dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Padangpariaman, kemarin.

Dalam kunjungan kemarin yang berlangsung di kediaman Dt. Rajo Ameh, rombongan HKJT yang dipimpin Managernya Site Berlin menjanjikan rencana pihaknya yang akan memberikan konvensasi bagi masyarakat yang lahannya terkena pembangunan ruas jalan tol di Nagari Paritmalintang.

“Namun perlu kami sampaikan bahwa pemberian kompensasi ini bukanlah bagian dari ganti rugi lahan masyarakat, karena untuk proses ganti rugi juga telah ada dananya tersendiri. Jadi artinya pembayaran ganti rugi ini sama sekali tidak akan mengurangi jumlah ganti rugi lahan yang telah disepakati dengan masyarakat sebelumnya,” tegas Berlin.

Dijelaskan, jika tidak ada aral melintang, pembayaran dana konvensasi dimaksud dijadwalkan akan diberikan sekitar pertengahan bulan Februari mendatang.

Menanggapi hal itu, Dt. Rajo Ameh langsung merespon positif rencana pihak HKJT tersebut. Menurutnya, penyaluran dana konvensasi tersebut tentunya lebih cepat lebih baik, sehingga dengan begitu masyarakat akan lebih bersemangat untuk mendukung pembangunan ruas jalan tol di nagari mereka.

Dt. Rajo Ameh dalam kesempatan itu juga memberikan garansi secara khusus, agar pihak pengelola atau pekerja tol bisa lebih tenang dan nyaman dalam bekerja. Karena secara umum sejauh ini rencana pembangunan ruas jalan tol di Nagari Paritmalintang sudah tidak ada permasalahan yang perlu dirisaukan lai. “Yang jelas sebagai tokoh masyarakat di Nagari Paritmalintang ini saya siap bertenggungjawab sepenuhnya, makanya kalau ada yang mengatakan pembangunan ruas jalan tol di Nagari Paritmalintang ini rawan dan sebagainya, hal itu jelas tidak berdasar sama sekali,” bebernya.

Hanya saja agar pembangunan ruas jalan tol di Nagari Paritmalintang bisa berjalan dengan mulus seperti diharapkan semua pihak tentunya pembayaran ganti rugi lahan masyarakat yang terkena lokasi pembangunan ruas jalan tol tersebut juga perlu dipercepat.

Hal itu menurutnya penting disampaikan, karena banyak pemilik lahan yang bertanya-tanya kepada pihaknya, kapan proses ganti rugi jalan tol itu bisa dibayarkan.

“Hal itu memang penting kami sampaikan Pak, karena diantara masyarakat kami ada yang seluruh lahannya terkena lokasi pembangunan ruas jalan tol, sehingga tentunya mereka sangat mendambakan pembayaran ganti rugi tersebut, agar mereka bisa mencari lahan baru di lokasi lain, sebagai pengganti lahannya yang terkena pembangunan ruas jalan tol tersebut,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, Berli selaku Manager Area HKJT berjanji akan memperjuangkannya di tingkat pusat, sehingga dengan begitu proses pembayaran ganti rugi lahan masyarakat bisa lebih cepat dibayarkan seperti harapan banyak pihak.

Di pihak lain, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengaku sangat mengapresiasi langkah HKJT dalam memberikan dana konvensasi kepada masyarakat di Nagari Paritmalintang. Terlebih pemberian dana konvensasi sama sekali tidak mengurangi besaran ganti rugi lahan yang akan diberikan kepada masyarakat pemilik lahan nantinya.

“Kita tentunya sangat optimis sekali atas dukungan yang diberikan oleh tokoh masyarakat Nagari Paritmalintang di daerah ini. Karena seperti diketahui, jika ruas tol di daerah ini selesai dibangun tentunya dampaknya akan sangat luar biasa terhadap perkembangan, kemajuan daerah khususnya bagi masyarakat dan nagari Paritmalintang. Begitu pula dalam mendongkrak perkembangan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Hal itu menurut Ali Mukhni tentunya sangat beralasan, terutama mengingat pembangunan ruas jalan tol di daerah ini juga bakal dilengkapi dengan rest area yang demikian representatif. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional