Close

Dukung Fungsi DPD RI Serap Aspirasi, Pemprov Bali Hibahkan Aset untuk Kantor Daerah

SERAHKAN HIBAH— Tiga dari kiri, Gubernur Bali, I Wayan Koster, menyerahkan hibah aset tanah dan bangunan kepada Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, (empat dari kiri), untuk digunakan sebagai Kantor Perwakilan DPD RI di Bali, Selasa (8/6).

DENPASAR, METRO —Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menghibahkan aset berupa tanah dan ba­ngunan gedung kepada Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Aset tersebut akan digu­nakan sebagai Kantor Perwakilan DPD RI di provinsi pariwisata itu.

Keberadaan kantor tersebut akan me­nunjukkan potret DPD RI sebagai lembaga perwakilan yang lebih responsif dan aspiratif terhadap tuntutan pembangunan di daerah.

Gubernur Bali, I Wayan Koster menga­takan, proses hibah telah dilakukan sejak lama. Tanah dan gedung tersebut tercatat sebagai barang inventaris Provinsi Bali, dengan luas tanah 1.045 m2 dan bangunan seluas 400 m2. Lokasinya juga sangat strategis. Pro­ses hibah ini telah seusai dengan ketentuan Pera­turan Menteri Dalam Ne­geri Nomor 19 Tahun 2016.

Hibah merupakan ben­tuk dukungan Pemprov Bali kepada DPD RI sebagai Wakil Daerah dalam mem­perjuangkan aspirasi. Pe­nyerahan aset tersebut juga merupakan hasil dari perjuangan keempat Senator DPD RI dari daerah pemilihan Provinsi Bali.

“Mudah-mudahan DPD RI dapat menjalan tugas­nya di Bali dalam rangka memperjuangkan aspirasi kami. Ke depan kami ber­harap kerjasamanya akan terjaga dengan baik terus, baik perwakilan DPD RI di Bali atau DPD RI secara keseluruhan,” kata I Wa­yan Koster, saat mem­beri­kan sambutan di acara serah terima aset tersebut di Rumah Dinas Gubernur Bali, kemarin.

Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono menga­takan, keberadaan kantor perwakilan di daerah, me­ngokohkan eksistensi DPD RI sebagai lembaga per­wakilan yang anggotanya akan selalu ada dan hadir di tengah-tengah masya­rakat, untuk menyelesai­kan berbagai permasa­lahan daerah untuk se­lanjutnya diperjuangkan di tingkat pusat.

Senator asal Provinsi Maluku ini menjelaskan, da­lam membangun dae­rah, tidak bisa dilakukan sendiri. Tetapi diperlukan langkah-langkah kola­bo­ratif untuk menghadapi berbagai problem di da­erah. Termasuk upaya un­tuk memper­juang­kan ke­pen­tingan daerah dalam rangka mewujudkan per­cepatan pembangunan da­erah.

“Keberadaan Kantor Perwakilan DPD RI di ibu kota provinsi akan me­mudahkan koordinasi an­tara pemerintah daerah, lembaga perwakilan rakyat daerah maupun masyara­kat umum lainnya dengan DPD RI, sehingga akse­lerasi pembangunan di daerah dapat segera ter­capai,” ujar Nono Sam­pono, dalam acara yang turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin, sejumlah Ang­gota DPD RI antara lain Hj. Emma Yohanna, Sekjen DPD RI Rahman Hadi, De­puti Persidangan Sefti Ram­siaty, dan Deputi Ad­ministrasi Lalu Niqman.

Apalagi saat ini, lanjut Nono, banyak persoalan di daerah yang harus segera ditangani. Terutama terha­dap pandemi Covid-19 yang didera problem global yang turut berdampak pada kondisi ekonomi dan kesehatan di Indonesia.

“Oleh karena itu, peran DPD RI sebagai Lembaga Negara dan representasi daerah memiliki tanggung jawab untuk ikut menye­lesaikan problem yang di­ha­dapi oleh Bangsa Indonesia saat ini,” imbuh Nono.

Atas nama Pimpinan DPD RI, Nono sangat me­ng­apresiasi dan membe­rikan penghargaan yang tinggi kepada Gubernur dan Pemerintah Provinsi Bali yang telah mendukung tugas-tugas DPD RI de­ngan menghibahkan dan menyerahkan gedung dan bangunan untuk Kantor DPD RI permanen di Pro­vinsi Bali.

“Saya menyampaikan apresiasi, penghargaan, dan terima kasih yang se­besar-besarnya kepada Bapak Gubernur beserta jajaran Pemerintah Pro­vinsi Bali yang telah meng­agen­dakan acara serah terima dan menghibahkan gedung beserta bangu­nannya ke­pada DPD RI untuk dijadikan kantor DPD RI di  Provinsi Bali pada hari ini,” pungkas Nono. (fas/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top