Menu

Dukung Anjuran Kesehatan, Wabup Zuldafri Bagikan Masker

  Dibaca : 548 kali
Dukung Anjuran Kesehatan, Wabup Zuldafri Bagikan Masker
Wabup Zuldafri Darma pasangkan masker pada masyarakat di pasar Batusangkar.

Upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Tanah Datar, pemerintah daerah bagikan masker non medis secara gratis kepada pedagang dan pengunjung pasar Batusangkar. Pemberian masker gratis ini dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma dengan didampingi oleh Sekretaris Dinas Koperindag Darfizal beserta jajarannya.

 Masker non medis ini merupakan karya siswa dan alumni UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar Dinas PMPTSP Naker yang diserahkan kepada gugus tugas.

Seusai membagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar Batusangkar, Wabup H. Zuldafri Darma mengatakan bahwa pemberian masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar Batusangkar ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid 19 di Kabupaten Tanah Datar.

 “Diakui jumlah belum banyak dan belum menyasar seluruh tempat tetapi ini bentuk edukasi kepada masyarakat agar memakai penutup hidung dan mulut, masker ini pun bisa dibuat secara mandiri bahkan bisa menggunakan sapu tangan atau handuk kecil,” sebut Zuldafri.

“Kita berharap para pedagang dan pengunjung selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas mereka, sehingga setidaknya ini bisa menghambat penyebaran Covid-19. Kita juga meminta terutama kepada para pedagang makanan selain menggunakan masker juga menggunakan sarung tangan, ini dimaksudkan untuk menjaga sterilisasi makanan yang dijual,” ujar Wabup.

Tidak itu saja, pada kesempatan ini juga dihimbau kepada anak-anak sekolah yang sekarang sedang diliburkan untuk tetep berada di rumah saja.

“Jangan keluar rumah apabila tidak ada kebutuhan yang sangat mendesak, dan kalau memang harus keluar rumah gunakan masker dan usahakan terus menjaga jarak aman dengan orang lain (social distancing),” tambah Zuldafri.

Kepada pemilik dan pengusaha warung internet (warnet) juga diminta untuk sementara waktu mengikuti himbauan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk menghentikan operasionalnya.

Dalam upaya dan usaha memutus rantai penyebaran Covid 19 di Kabupaten Tanah Datar pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar juga telah mendirikan posko-posko di perbatasan.
Menurut Wabup Zuldafri Darma tugas utama di posko perbatasan ini adalah melakukan pendataan yang terkait riwayat perjalanan, dan riwayat kesehatan masyarakat yang akan datang ke Tanah Datar.

“Data ini nantinya yang akan kita gunakan untuk melakukan pemetaan terhadap baik itu notifikasi, OPD, maupun PDP di Kabupaten Tanah Datar,” terang Zuldafri.

“Alhamdulillah, saat ini di Kabupaten Tanah Datar telah terjadi penurunan ODP,  1 kasus positif covid-19 sudah tidak ada lagi begitu juga PDP, yang ada tinggal ODP dan notifikasi. Untuk ODP secara bergiliran dilakukan test swab di RSUD MA Hanafiah SM Batusangkar. Kita berharap Kabupaten Tanah Datar terbebas dari wabah Covid-19 yang sangat membahayakan ini, untuk itu kita menghimbau kepada seluruh unsur masyarakat untuk bisa saling bekerjasama dalam memutus rantai penyebaran Covid 19 ini,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Dinas Koperindag Darfizal, dia menambahkan dalam upaya ini dihimbau kepada seluruh masyarakat agar menggunakan masker saat berada diluar rumah dan kepada para pedagang juga dihimbau selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Sementara data terbaru dari posko per 13.00 WIB, jumlah OPD 141 orang, PDP nihil, 1 kasus positif covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh serta meninggal nihil. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional