Menu

Dukcapil Kolaborasi dengan Pengadilan Agama

  Dibaca : 529 kali
Dukcapil Kolaborasi dengan Pengadilan Agama

PDG.PARIAMAN, METRO
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padangpariaman Muhammad Fadhly menyatakan dinasnya pada awal tahun 2021 langsung tancap gas. “Terutama dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat,” kata Muhamad Fadhly, kemarin.

Katanya, dalam rentang waktu hanya tiga hari, setelah koordinasi antara Ketua Pengadilan Agama Kelas IB Pariaman sekarang langsung pelaksanaan launching inovasi.

Ketua Pengadilan Agama Pariaman Hj. Lelita Dewi bersama Wakil Ketua melakukan koordinasi ke Disdukcapil Padangpariaman untuk tindak lanjut kegiatan pengembangan inovasi yang sudah dilakukan sejak Mei 2020. Dalam proses pengembangan, ada beberapa tahapan yang terkendala karena pandemi covid-19.

Sebagai tindak lanjut dari koordinasi tersebut, sekarang di ruang sidang utama Pengadilan Agama Kelas IB Pariaman, dilaksanakan launching inovasi Cermin Hati dan Daku Kepepet.

Di samping Pengadilan Agama Pariaman dan Disdukcapil Padangpariaman, launching Inovasi juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang H. Zein Ahsan bersama rombongan.

Inovasi Cermin Hati (Cerai, Administrasi Sehari Jati Diri Jadi) merupakan upaya efisiensi pelayanan melalui integrasi pelayanan Pengadilan Agama dengan Disdukcapil Padangpariaman. Setiap proses perceraian yang sudah mendapat keputusan pengadilan, maka masyarakat langsung menerima dokumen kependudukan bersama dengan kutipan akta cerai dari pengadilan. Dokumen kependudukan tersebut adalah kartu keluarga masing-masing pihak (laki-laki dan perempuan) serta KTP-el dengan status janda dan duda cerai hidup.

Sedangkan inovasi Daku Kepepet (Data Akurat Keputusan Cepat dan Tepat) merupakan pengembangan aplikasi terintegrasi antara Disdukcapil dengan Pengadilan Agama. Setiap proses pengajuan perceraian dengan Pengadilan Agama, maka akan diawali dengan cek akurasi data kependudukan ke Disdukcapil.

Sebelum pelaksanaan launching, Ketua Pengadilan Agama kelas IB Pariaman Hj. Lelita Dewi memberikan pengantar, terkait dengan pelaksanaan pengembangan inovasi.

Tema pelayanan prima bagi masyarakat untuk mewujudkan keadilan kepastian dan kemanfaatan hukum.

Keadilan hukum merupakan keputusan yang cepat dan akurat, sesuai dengan keadilan. Kepastian hukum terkait dengan identitas jati diri, sebagai suami dalam bentuk duda dan istri bentuk dalam janda. Sedangkan Kemanfaatan hukum, yaitu memiliki manfaat untuk proses berikutnya.

Muhammad Fadhly menyampaikan, terkait kolaborasi inovasi dan menjelaskan bahwa dengan inovasi, akan memberi manfaat.

“Bagi pengadilan agama Pariaman, memberikan akurasi data kependudukan yang untuk pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Sedangkan bagi masyarakat, merupakan kemudahan dan kecepatan proses pelayanan.

Dengan hanya berurusan di Pengadilan Agama, langsung mendapat pelayanan administrasi kependudukan,” kata mantan Camat Ulakan Tapakis itu.

Dalam kegiatan launching inovasi itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang H. Zein Ahsan. memberikan pesan, terkait dengan pelayanan yang membahagiakan masyarakat. Diantaranya, dengan memberikan senyuman yang tulus pada setiap proses pelayanan.

“Senyum tidak hanya terkait dengan standar operasional prosedur pelayanan, tetapi merupakan sebuah sunnah Nabi Muhammad SAW yang merupakan sebuah ibadah yang menjadi sedekah bagi si pelakunya. Senyum bisa lahir pada saat kegiatan yang menyenangkan. Untuk itu, perlu kita menyenangi pekerjaan yang dilakoni. Menjadikan pekerjaan sebagai sebuah hobby,” ujarnya.

Dalam kegiatan launching hadir bersama Kepala Disdukcapil Padangpariaman, Plt. Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Fauzi Azhar, Kepala Bidang Pencatatan Sipil Zeta Hidayati, dan Kepala Bidang Inovasi Andriyani, . Sedangkan Pengadilan Agama kelas IB Pariaman, diikuti oleh semua pejabat struktural dan fungsional. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional