Menu

Dukcapil Kabupaten Padang­pariaman Pasang ADM di Kantor Wali Nagari

  Dibaca : 78 kali
Dukcapil Kabupaten Padang­pariaman Pasang ADM di Kantor Wali Nagari
PENGGUNAAN MESIN ADM— Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman, Muhammad Fadhly, mempraktekkan penggunaan mesin ADM.

PDG.PARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Kepen­dudukan dan Pencatatan Sipil  (Dukcapil) Kabupaten Padang­pariaman, Mu­ham­mad Fa­dhly,  menyaksi­kan pemasangan An­ju­ngan Dukcapil Mandiri (A­DM) di Kantor Wali Nagari Sicin­cin, Kecamatan 2×11 Enam Lingkuang.

ADM merupakan ha­diah dari Menteri Dalam Negeri pada penyerahan Peng­har­gaan Dukcapil Bisa, April 2021 lalu, sekarang sudah terpasang di Kantor Wali Nagari Sicincin.

Kantor dengan ruang tunggu pelayanan publik yang nyaman ini karena peralatan anjungan yang bisa mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) elek­tronik serta dokumen ke­pendudukan lainnya ini membutuhkan ruangan yang nyaman, bersih dan suhu yang stabil.

“Lokasinya strategis dan dapat dikunjungi de­ngan mudah oleh warga dari na­gari-nagari seki­tarnya,” ujar Fadhly, ke­marin.

Ia menambahkan, be­be­rapa saat ke depan alat ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat untuk ber­layanan lebih dekat, tidak perlu lagi datang ke kan­torDisukcapil Kabu­paten Padang Pariaman yang masih berkantor di Kota Pariaman. “Kita tung­gu peresmiannya,” kata­nya.

 Lebih lanjut Fadhly menambahkan “Ini wujud komitmen kami untuk men­jadikan nagari sebagai pusat pelayanan publik.”

Menurut Fadhly, nanti setelah ready, akan di­umumkan penggunaannya dan rencananya akan di­res­mikan oleh Dirjen Duk­capil Kementerian Dalam Negeri, insyaa Allah bulan Juli 2021″ Sekarang dalam proses setting pencetakan KTP-el dan KIA.”

Saat ini, lanjut dia, ada 2 unit mesin ADM di Pa­dangpariaman. Pe­nga­da­an yang satu unit bersum­ber dari Anggaran Penda­patan dan Belanja Daerah  (  APBD) dan satu lagi hadiah dari Menteri Dalam Negeri. Saat ini tercatat 4 unit mesin Anjungan Duk­capil Mandiri di Provinsi Sumatera Barat, dua di Kabupaten Padang­paria­man, satu di Kota Padang dan satu lagi di Kota Solok.

Penempatan ADM pa­da banyak daerah lain di Indonesia adalah di Kan­tor Disdukcapil atau pasar swalayan yang beker­jasa­ma dengan Disdukcapil maupun pada mall pela­yanan pelayanan publik.

Penempatan ADM di Kantor Desa/Nagari  meru­pakan sebuah terobosan yang dilakukan Dukcapil Ceria, dan merupakan yang pertama di Indonesia. Kon­sep ini diharapkan menum­buhkan iklim yang positif bagi seluruh Nagari di Ka­bupaten Padang­pa­riaman untuk menciptakan kantor Nagari sebagai pusat pela­yanan publik yang mem­bahagiakan ma­syarakat. Kebijakan ini me­lalui me­lengkapi sa­rana dan pra­sarana kantor Nagari me­lebih harapan dan ke­bu­tuhan masya­rakat. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional