Menu

Dukcapil jadi Rujukan Nasional

  Dibaca : 93 kali
Dukcapil jadi Rujukan Nasional
Dukcapil jadi Rujukan Nasional

PADANGPARIAMAN, METRO
Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menyatakan layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman (Dukcapil) menjadi rujukan nasional pada masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman, Muhammad Fadhly mengatakan pengguna layanan daring melejit rata-rata 600 layanan bahkan mencapai 800 layanan setiap harinya. Artinya, Sebanyak 27 ribu lebih pengguna layanan online sejak 6 bulan terakhir, layanan administrasi secara daring terbukti ampuh dalam menghadapi masa pandemic Covid-19.

“Kita lakukan edukasi secara masiv melibatkan seluruh perangkat nagari dan seluruh stakeholders agar masyarakat memanfaatkan layanan secara online. Untuk menghindari kontak langsung untuk memutus mata rantai Covid-19,” ujar Fadhly.

Dijelaskannya bahwa pelayanan secara daring berlangsung selama 24 jam sehari yang didukung oleh petugas yang bekerja dari rumah. Petugas pun dilengkapi dengan sarana prasarana daring dan aplikasi pendukung.

“Kita telah siap dengan sumberdaya baik aplikasi maupun sumberdaya manusianya. Layanan secara daring bahkan paling banyak digunakan saat ini,” ujarnya.

Untuk aplikasi, kata Fadhly, masyarakat dapat mengunduh aplikasi android Dukcapil Ceria Mobile melalui Google Play Store. Jenis layanan dokumen Administrasi Kependudukan secara online meliputi : Cek status KTP-el, Cek blangko KTP-el, Pengajuan cetak KTP-el, Layanan Pengaduan Tamasya, Permohonan Pindah, Permohonan Kedatangan, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), Akte Kelahiran, Akte Kematian.

“Untuk panduan layana bisa juga dibuka www.dukcapil.padangpariamankab.go.id,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengatakan Dinas Dukcapil sudah diakui Pemerintah Pusat adalah yang terbaik di Indonesia.

“Sebelum Covid-19, hampir tiap minggu, ada kunjungan untuk belajar dan mereplika inovasi Dukcapil Padangpariaman. Pada masa pandemic Covid-19, inovasinya lebih sukses lagi diterapkan, karena tidak ada kontak antara petugas dengan masyarakat,” tambah Ali Mukhni mengakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional