Menu

”Duka Mendalam dari Kampung Dagang, Komplek Pesantren Al-Manaar”,Penulis: Haris Saputra,A.MD

  Dibaca : 120 kali
”Duka Mendalam dari Kampung Dagang, Komplek Pesantren Al-Manaar”,Penulis: Haris Saputra,A.MD
BINCANG— Halida Hatta saat berbincang dengan sang Buya semasa hidupnya.

Duka yang sangat mendalam dari Kampung Dagang Komplek pesantren Al-Manaar Nagari Batuhampar Keca­matan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota, Buya H. Sya’rani Chalil tutup usia ke 95th. Lahir 10 April 1926. Wafat, Jum’at 18 Juni 2021.

Beliau adalah pimpinan tertinggi pondok pesantren Al-Manaar Nagari Batuhampar, penyambung Garis keturunan Syekh Abdurrahman yang ke-7 Nagari Batuhampar.

Beliau seorang yang lembut, ren­dah hati, Alim dalam ilmu Agama. Hanya satu Buya di Batuhampar yang digelari dengan panggilan Datuk Oyah.  Persamaannya orang yang ditinggikan seranting, didahulukan selangkah. Ka pai tampek ka batanyo, ka pulang tampek ka babarito. Tarutamo sekali dalam hal agama.

Tidak hanya bagi masyarakat Batu­hampar, tapi juga dari berbagai daerah sumatera barat. Bahkan beliau juga Tokoh Adat dan tokoh ibadat luak limapuluh kota (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota). Beliau juga seorang  ninik mamak bergelar Dt.MajoReno suku Pitopang Nagari Batuhampar.

Secara garis keturunan dari pihak Ayah,  Buya Sya’rani Chalil merupakan anak dari Khalilurrahman bin Syekh Muhammad Arsyad bin Maulana Syek Abdurrahman Batuhampar. Buya Sya­’rani Chalil juga Bersepupu dengan Proklamator RI Mohammad Hatta wakil presiden RI yang ke Pertama.

Ayah dari Bung Hatta adalah anak kandung dari Syekh Abdurrahman yang bermakam didalam Gobah kom­plek pesantren Al-Manaar Nagari Batuhampar kecamatan Akabuluru kabupaten Lima Puluh Kota.

Buya Sya’rani chalil terakhir ber­temu Bung Hatta di Batuhampar pada Tahun 1979, hingga sampai saat ini Ketiga putri-putri Bung Hatta sering datang berkun­jung (Ziarah ke makam kakeknya) sekaligus menyapa Family yang ada di Batuhampar. Sudah me­rasa kampung sendiri bagi putri-putri Bung Hatta.

Mengetahui Buya telah menghadap sang khalik untuk selamanya, putri Bung Hatta, Halida Hatta, diakun FB Haris Saputra, menyampaikan duku mendalam atas berpulangnya sang Buya yang dikenalnya sejak lama. Bahkan semasa hidup sang Buya, Halida Hatta, juga sering bercerita dan berkunjung ke-kampung bapaknya Bung Hatta di Batu Hampar.

Ucapan duka juga disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Buya Mah­yeldi Ansharullah, lewat Papan Bunga yang dikirimnya ke Batu Hampar yang juga kampung istri tercintanya. Ucapan duka juga datang dari Ust/Da’i Nasional Buya Dr. Arrazy Hanyim, Lc.Ma, serta tokoh-tokoh Lima Puluh Kota, Sumbar dan Nasional lainnya. Selamat Jalan Buya Sya’rani Chalil, semoga Allah SWT menempatkan ditempat yg se­baik-baiknya. Aamiin.

 Kepemimpinan Buya Sya’rani Cha­lil dilanjutkan langsung putra beliau bernama Buya H.Mazmur Sya’rani sekaligus pimpinan pondok pesantren Al-Manaar Nagari Batuhampar. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional