Menu

Dugaan Kecurangan Seleksi Penerimaan Perangkat Desa, Buntut Orasi, Kades Gelar Temu Warga

  Dibaca : 63 kali
Dugaan Kecurangan Seleksi Penerimaan Perangkat Desa, Buntut Orasi, Kades Gelar Temu Warga
PEMBAHASAN— Kepala Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman Rahayadi Ningrat melakukan pertemuan untuk membahas aksi orasi, kemarin.

PARIAMAN, METRO
Kepala Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, melakukan pertemuan dengan warga terkait membahas hasil penerimaan perangkat desa, Rabu (16/12). Sebelumnya, warga Desa Tungkal Selatan melakukan demonstrasi karena proses seleksi penerimaan perangkat desa diduga ada kecurangan.

“Kami telah berembuk dengan warga terkait demo kemarin. Warga meminta agar proses seleksi penerimaan perangkat desa diulangi lagi. Jadi tuntutan itu kami terima dan akan koordinasikan dengan pemerintahan lebih tinggi dari pemerintahan desa,” ungkap Kepala Desa Tungkal Selatan, Rahayadi Ningrat.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya meminta waktu selama tiga hari untuk memutuskan, apakah seleksi diulang lagi atau tidak.

“Jadi kami berharap kepada masyarakat Tunggal Selatan bersabar menunggu, jika keputusan nantinya seleksi diulangi maka kita ulangi. Namun jika sebaliknya, maka meskipun pahit keputusan harus diterima warga,” jelas Kades itu.

Kades juga mengatakan, keputusan terkait hasil seleksi sudah diatur dalam peraturan daerah, pihak desa juga tidak bisa semerta-merta membentuk aturan teknisnya.

Menanggapi persoalan tersebut, salah satu warga desa itu bernama Fauzan (35) mengatakan harapannya bahwa seleksi penerimaan kembali diulangi.

“Harapan kami, seleksi penerimaan perangkat desa itu kembali diulangi. Karena jika tidak diulangi, kami sebagai warga tidak akan pernah merasa puas dan tenang, kami tidak bisa menerima hasil dari kecurangan itu,” kata Fauzan.

Sebelumnya, puluhan warga Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, menuntut hasil penerimaan perangkat desa yaitu kepala seksi (Kasi) pelayanan di pemerintahan desa itu karena diduga adanya kecurangan saat pelaksanaan tes.

“Kami menduga adanya kecurangan saat seleksi, informasi ini disampaikan oleh adik-adik kami yang merupakan warga Tungkal Selatan dan mengikuti seleksi,” kata salah seorang warga yang akan melaksanakan aksi demo ke kantor desa setempat, Fauzan (35) di Pariaman Utara

Ia mengatakan pada saat tes komputer aplikasi yang digunakan oleh peserta warga Tungkal Selatan diserang virus sedangkan peserta seleksi yang diterima dan bukan warga setempat tidak mengalami permasalahan sehingga dapat menjalankan tes dengan lancar. Permasalahan tersebut telah disampaikan peserta kepada panitia seleksi (Pansel) saat tes komputer namun tidak membuahkan hasil. “Kami sudah menyampaikan hal ini kepada kepala desa dan ia berjanji untuk menindaklanjutinya, namun ternyata hasil seleksi keluar,” katanya.

Ia menyatakan untuk menentang hasil seleksi tersebut warga di daerah itu merencanakan aksi demo ke kantor desa setempat pada Senin sekitar pukul 10.00 WIB namun dibatalkan karena adanya mediasi yang dilakukan oleh Polsek Pariaman.

“Hasil dari mediasi dengan Kapolsek Pariaman tadi yaitu akan dilakukan pertemuan kembali antara pihak warga dengan Pansel dan kepala desa,” ujarnya.

Ia menyatakan jika tuntutan warga tidak ditindaklanjuti maka pihaknya akan melanjutkan aksi yang dibatalkan pada hari ini tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Tungkal Selatan Rahayadi Ningrat mengatakan pihaknya melaksanakan penerimaan Kasi Pelayanan dan Kasi Pemerintahan yang sifatnya terbuka atau dapat diikuti oleh warga di luar desa. “Hal itu sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perangkat Desa,” kata dia.

Ia menyampaikan penerimaan Kasi tersebut melibatkan Pansel tingkat Kota Pariaman. Dalam pelaksanaannya tes seleksi untuk tahap pertama dilaksanakan oleh desa yang soal-soal yang ditanyakan berasal dari Pansel tingkat kota. Untuk seleksi berikutnya, lanjutnya dilaksanakan tes komputer yang diselenggarakan oleh Pansel tingkat kota. “Dari dua penerimaan perangkat desa itu, penerimaan Kasi Pemerintahan tidak bermasalah, namun untuk penerimaan Kasi Pelayanan terjadi permasalahan,” katanya. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional